Home Unik Sudah Pernah Lihat Ikan Tidur? Ternyata Begini Posisinya
Sudah Pernah Lihat Ikan Tidur? Ternyata Begini Posisinya

Sudah Pernah Lihat Ikan Tidur? Ternyata Begini Posisinya

0

Setelah kita mengerjakan berbagai hal yang membuat kita merasa lelah, tidur adalah suatu hal yang paling dibutuhkan oleh tubuh. Ibaratkan hp anda yang kehabisan batre, pasti anda akan langsung mencharge ulang agar bisa terisi kembali.

Begitu juga dengan kita manusia, saat kelelahan, otomatis yang kita butuhkan untuk mengembalikan sebagian tenaga kita yang hilang adalah dengan cara tidur.

Ngomong-ngomong soal tidur, kalian pernah tidak melihat ikan di akuarium anda tertidur? Pasti kalian bertanya-tanya, kapan seh ikan itu tidur? Pertanyaan yang sekilas terdengar konyol itu sebenarnya cukup menarik untuk kita cari tahu fakta sebenarnya.

Sebab, jika diamati secara langsung, anda mungkin tidak akan pernah mendapati ikan tersebut tertidur layaknya binatang lain seperti kucing atau anjing.

Tapi bagaimana caranya? Bukankan jika si ikan tertidur pulas, ia akan terbawa arus dan hilang? Penasaran kan? Tentu saja ikan butuh tidur sama seperti kita dan makhluk hidup yang lainnya. Tapi tentu saja caranya berbeda. Mau tau seperti apa? Yuk, kita cari tau sama-sama jawabannya disini.

Pengertian Tidur

Tidak mudah menemukan definisi yang tepat mengenai tidur. Ada yang mengatakan mereka yang tidur biasanya tidak menunjukkan perhatian pada lingkungan sekitar dan biasanya tidak melakukan pergerakan.

Pada saat tidur, seseorang akan mengabaikan apapun yang terjadi disekitarnya. Namun tidaklah benar jika dalam tidur tidak melakukan pergerakan karena ada saja orang yang berjalan dalam tidur (nglindur dalam istilah jawa).

Manfaat dari Tidur

Untuk orang dewasa, biasanya waktu tidur yang dibutuhkan hanya 7-8 jam saja sehari karena mereka sudah dibebankan dengan pekerjaan. Waktu tidur ini tidak boleh dianggap remeh karena jika waktu tidur anda kurang, hal ini akan menyebabkan gangguan pada kesehatan anda. Namun apabila anda tidur dengan waktu yang cukup, maka banyak manfaat akan anda dapatkan, diantaranya:

1. Meningkatkan Kualitas Memori

333

Pada saat kita tidur, terjadi proses konsolidasi memori pada otak kita. Ingatan-ingatan, perasaan dan kejadian-kejadian yang terjadi yang terekam dalam otak kita akan terkonsolidasi ketika kita tidur. Oleh sebab itu, tak heran jika kita sedang mengalami masalah hal itu akan terbawa mimpi.

Nah, semakin sering otak melakukan proses ini maka akan semakin tajam otak dalam mengkonsolidasi memori. Oleh sebab itu, semakin baik kualitas tidur kita maka akan meningkatkan kemampuan memori kita.

2. Memperlancar Metabolisme

44

Organ pencernaan merupakan salah satu organ tubuh yang terus-menerus bekerja tanpa henti, bahkan pada saat kita tidur. Justru organ pencernaan ini bekerja maksimal ketika kita tidur.

Pada saat kita tidur, lambung akan melakukan gerak peristaltik yang bertujuan untuk menguras seluruh isi lambung. Oleh sebab itu, tidak heran jika banyak orang yang memiliki kebiasaan buang air besar di pagi hari setelah bangun tidur.

3. Meregenerasi Sel-Sel

55

Proses regenerasi sel-sel terjadi pada saat kita tidur. Jika waktu tidur kita kurang, maka proses ini tidak akan berjalan sempurna. Oleh sebab itu, tidurlah yang cukup untuk mengoptimalkan proses regenerasi sel-sel sehingga akan ada energi baru untuk memulai aktivitas di pagi hari.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

555

Pada saat kita tidur di malam hari, tubuh memproduksi hormon melatonin yang salah satu fungsinya bersifat sebagai antioksidan untuk menangkal virus dan radikal bebas.

Jika waktu tidur kita kurang, maka produksi hormon melatonin ini juga akan berkurang sehingga hal ini mampu menurunkan sistem kekebalan tubuh.

Sebagai tambahan, untuk memaksimalkan pelepasan hormon melatonin ini, sebaiknya tidur di tempat yang gelap karena adanya cahaya mampu menghambat proses pelepasan tersebut.

5. Menjaga Berat Badan

88

Tetap terjaga di malam hari seringkali membuat kita merasa lapar. Akibatnya, kita akan sering ngemil di malam hari. Seringnya ngemil di malam hari tanpa diimbangi aktivitas fisik yang mampu membakar kalori akan menyebakan obesitas. Oleh sebab itu, untuk mengontrol nafsu makan, tidurlah yang cukup selama 8 jam.

Lalu, Bagaimana Cara Ikan Tidur?

j

Dengan habitat yang berbeda yaitu di dalam air, kehidupan ikan memang memiliki perbedaan dengan kehidupan hewan-hewan di darat pada umumnya, hal tersebut juga berhubungan dengan mekanisme pertahanan hidup dari sang ikan tersebut, baik secara teknis maupun pertahanan dari serangan hewan lainnya.

Berbicara mengenai tidur ikan, bagi anda yang mengangaggap bahwa ikan tidak pernah tidur, adalah salah besar. Faktanya, ikan ternyata tetap butuh tidur, hanya saja dengan praktek yang sedikit berbeda dengan manusia atau hewan darat lainnya.

Perlu diketahui, jika ikan sendiri tidak memiliki kelopak mata, kecuali ikan hiu. Oleh karena itu, anda akan sedikit sulit membedakan mana ikan yang sedang tertidur dan mana ikan yang sedang terbangun. Bahkan ketika anda coba untuk menyentuhnya, ikan tersebut akan lebih dahulu terbangun dan menghindar.

Selain dengan perbedaan anatomi pada tubuhnya yang tidak memiliki kelopak mata, ikan juga memiliki perbedaan pada caranya tertidur, yakni ikan tersebut tidak pernah tertidur dalam keadaan terlelap.

Ikan akan tertidur dalam keadaan setengah sadar, sehingga ia bisa tetap waspada terhadap berbagai kemungkinan serangan ikan lain atau ancaman bahaya lain yang bisa membuatnya terluka atau mati.

hh

Pada saat tertidur, ikan akan membiarkan tubuhnya melayang di air atau juga jika berada di laut maka ikan tersebut bisa saja bersembunyi di balik karang agar lebih bisa sembunyi dari kedatangan pemangsa dan ancaman. Beberapa lainnya, bahkan ada yang bersikap seperti ikan mati dan berbaring di dasar air.

Ketika melayang di dalam air bahkan ia masih dapat menggerakan ekornya agar tetap terlihat seperti ikan yang sedang terbangun dan tidak tidur. Beragam bentuk dan cara ikan tidur juga merupakan langkahnya untuk menyembunyikan bahwa ia sedang tertidur atau sebagai bentuk kamuflase.

Dengan habitatnya yang dipenuhi pemangsa, membuat ikan mau tidak mau harus lebih waspada terhadap segala bentuk serangan ikan-ikan lainnya. Alih-alih tidur dan beristirahat untuk memulihkan tenaganya, mereka juga harus bisa membagi kewaspadaanya juga.

Pada beberapa jenis ikan, mereka juga bahkan memiliki mekanisme pertahanan yang cukup unik, yakni dengan menegeluarkan sejenis lendir untuk membuat pertahanan dari pemangsa lainnya untuk melindungi tubuh mereka dari kemungkinan serangan yang bisa saja datang sewaktu-waktu mereka terlelap. Lendir yang berbetuk seperti kepompong tersebut bisa menjadi perisai unik untuk menghadang para pemangsa datang dan menyantapnya.

Kesimpulan

faktanya ikan memang membutuhkan dan melakukan aktivitas tidur, meskipun dengan mekanisme tidur yang sedikit dengan binatang lain pada umumnya atau bahkan manusia.

Perbedaan pada habitat, cara mereka bertahan hidup serta ancaman yang hadir, membuat serangkaian mekanisme tersebut memang harus dilakukan oleh sang ikan. Berikut adalah video bagaiaman posisi ikan jika sedang tidur. Check this out!


Sekian dulu untuk artikel kami kali ini. Terima kasih karena anda sudah mau membaca berita ini sampai habis. Inti dari artikel ini adalah pendapat yang berkembang bahwa ikan tidak tidur adalah sebuah kesalahan karena nyatanya ikan tetap tidur, namun dengan kondisi yang berbeda dengan tidurnya manusia.