Home Teknologi Blackberry, Yang Dulu Terkenal Sekarang Dilupakan
Blackberry, Yang Dulu Terkenal Sekarang Dilupakan

Blackberry, Yang Dulu Terkenal Sekarang Dilupakan

0

Setelah lama tak terdengar kabarnya, BlackBerry kembali meluncurkan produk dengan nama Aurora. Produk ini adalah hasil dari kerjasama antara BlackBerry dan PT BB Merah Putih. Dikhususkan dijual hanya di Indonesia, Aurora diproduksi untuk mengembangkan ponsel 4G LTE di Indonesia dengan menggunakan sumber daya lokal.

Perjalanan BlackBerry sendiri melewati masa pasang surut yang ekstrim. Pasalnya, smartphone yang sempat merajai penjualan smartphone itu tiba-tiba mengalami penurunan drastis. Hingga pada tahun 2016 BlackBerry memutuskan untuk tidak lagi berproduksi dan hanya mengembangkan software. Oleh sebab itu, saya akan membahas tentang hp yang dulunya sangat terkenal, namun sekarang hilang bagaikan ditelan bumi. Berikut ulasannya.

Sejarah BlackBerry

blackberry

Smartphone BlackBerry muncul pertama kali pada tahun 1999 dibawah Rich In Motion (RIM), perusahaan Kanada. Penemunya bernama Mike Lazaridis, transmigran asal Turki yang merupakan keturunan Yunani. Sukses dengan produk BlackBerry, RIM berganti nama menjadi Blackberry Limited (Ltd.).

Produk BlackBerry sendiri masuk di Indonesia pada pertengahan bulan Desember tahun 2004. Pada awal kemasukannya di Indonesia, smartphone ini hanya digunakan oleh “kalangan atas” karena harganya yang wah. Salah satu mereknya bahkan mencapai harga sekitar Rp 25,5 juta.

Pernah Merajai Penjualan Smartphone di dunia

bb1

BlackBerry pernah menjadi lambang bagi orang yang memiliki status kelas atas. Karena cap “wah” pada BlackBerry semakin fenomela ketika muncul serial Gossip Girl yang mengisahkan kehidupan anak muda kelas atas di Manhattam yang lekat dengan BlackBerry. Karena itu, banyak orang yang buru-buru untuk memiliki BlackBerry ini hanya untuk mendapatkan prestise tersebut. Ueforia para pengguna BlackBerry pun marak hingga sekitar akhir tahun 2010-an.

Kejayaan BlackBerry tercapai karena adanya fitur andalan yang tidak dimilik smartphone lain yaitu aplikasi yang diberi nama BlackBerry Messenger atau BBM. Nah, BBM ini merupakan aplikasi untuk berkirim-kirim pesan yang dihubungkan dengan pin. Seiring berjalannya waktu, muncullah operasi Android dan Windows Iphone yang juga mendukung fitur BBM, nama BlackBerry pun mulai ditinggalkan oleh para pecintanya.

Kemunduran BlackBerry

Setelah sekitar sembilan tahun merajai penjualan di dunia dan sempat dinobatkan sebagai pionir eranya smartphone, nasib BlackBerry mulai terpuruk di tahun 2011-an. Sebab utama yang membuat BlackBerry terpuruk adalah gangguan pada layanan yang membuat sekitar 10 juta pengguna BlackBerry di seluruh dunia tidak dapat mengirim email ataupun pesan BBM. Ada beberapa kesalahan yang membuat BlacBerry kalah bersaing, diantaranya sebagai berikut.

1. BlackBerry 10 yang Tertunda

bb2

Sistem operasi beserta perangkat yang mendukungnya sudah lama direncanakan. BlackBerry pun terlihat sangat antusias dengan keduanya. Sayangnya, platform ini mengalami berkali-kali penundaan waktu rilis selama berbulan-bulan, sebelum akhirnya benar-benar diluncurkan pada awal tahun 2013.

Dalam masa tersebut, BlackBerry memecat ribuan orang dan meminta para penggemarnya untuk terus bersabar. Sayangnya, tidak semua orang bisa bersabar dan tidak heran banyak yang berpindah ke platform lain. Ya, BlackBerry tampak kehilangan momentum penting.

2. Aplikasi

bb3

Sistem operasi baru BlackBerry 10 memang terlihat cukup menawan, dengan adanya navigasi berdasarkan gerakan dan pusat notifikasi yang bagus. Sayangnya, BlackBerry 10 kurang didukung pengembang aplikasi ternama, seperti Instagram, Path dan Google Maps.

Untuk masalah ini, BlackBerry membuat janji pada saat peluncuran untuk meningkatkan aplikasi, tetapi 7 bulan sesudahnya, BlackBerry World masih tampak “sepi”.

3. Hardware

bb4

Hingga saat ini, BlackBerry sudah merilis 3 perangkat berbasis OS tersebut. Ketiganya adalah Z10, Q10 dan Q5. Dua dari perangkat ini dilengkapi keyboard QWERTY, sedangkan sisanya dilengkapi layar sentuh penuh. Meskipun ketiganya tampak menjanjikan, perangkat-perangkat ini masih belum terlalu laku di pasaran. Penjualannya tidak terlalu baik, bahkan kalah dari produk Nokia Lumia yang berbasiskan Windows Phone 8.

4. PlayBook

bb5

Salah satu kesalahan terbesar BlackBerry adalah bergabung ke pasaran tablet. Pada saat peluncurannya, perangkat ini memiliki spesifikasi hardware yang menawan dan sistem operasi yang bagus. Sayangnya, produk ini memiliki banderol harga yang terlalu tinggi dan bahkan tidak dilengkapi fitur e-mail. Perangkat ini pun akhirnya gagal total.

5. Enterprise

bb6

Pasaran enterprise yang dulu pernah “memuja-muja” BlackBerry, beralih ke platform lain seperti iPhone untuk urusan perusahaan. Perangkat lain seperti iPhone, mampu menawarkan performa bisnis yang baik sekaligus menawarkan fitur entertainment, satu fitur yang tidak dimiliki platform BlackBerry. Mulai banyak orang yang beranggapan bahwa BlackBerry membosankan.

Blackberry Ltd Mengubah Fokus Produksi

bb7

Melewati tahun 2012, penjualan Blackberry terus menurun drastis. Dan beberapa waktu setelahnya, perusahaan Blackberry mencoba meluncurkan smartphone Blackberry dengan sistem Android. Namun harga yang masih sangat mahal membuat Blackberry semakin di tinggalkan.

Akhirnya pada tahun 2016 diproduksi tipe lain yang lebih murah. Sayangnya upaya ini belum juga membuahkan hasil. Akhirnya pada 28 September 2016 Blackberry memutuskan untuk berhenti memproduksi ponsel. Vendor asal Kanada ini memilih untuk fokus pada pengembangan software.

Kerjasama Blackberry dengan Perusahaan Indonesia

bb8

Setelah memutuskan untuk berkonsentrasi pada pengembangan software (perangkat lunak), Blackberry menggaet pihak ketiga untuk menjalankan softwarenya pada smartphone. Dan Indonesia, menjadi negara pertama yang berkesempatan bekerjasama di bawah PT BB Merah Putih. Saat ini produk ini sudah bisa dimiliki oleh pengguna di Indonesia.

Itulah tadi penjelasan singkat saya mengenai BlackBerry yang dulunya sangat terkenal dimana-mana. Hampir semua orang memiliki hp ini. Tapi, sekarang hilang ditelan bumi! Tetap sehat, tetap semangat dan tetap terus ikuti artikel saya yang berikutnya ya. Terima kasih.