Home Teknologi 1080i vs 1080p vs 720p, Apa Sih Arti dan Perbedaan Angka-Angka Ini?
1080i vs 1080p vs 720p, Apa Sih Arti dan Perbedaan Angka-Angka Ini?

1080i vs 1080p vs 720p, Apa Sih Arti dan Perbedaan Angka-Angka Ini?

0

Istilah HD mungkin sudah tidak asing lagi di telingan anda, bukan? Singkatan seperti ini sudah banyak sekali digunakan dimana-mana, sehingga kecil kemungkinan untuk tidak pernah mendengarnya.

Namun, meskipun sudah cukup populer di masyarakat, tetap saja tidak bisa dipungkiri kalau masih ada sebagian orang yang belum mengetahui apa itu HD, bahkan mungkin ada yang sama sekali belum pernah mendengar istilah ini.

Anda sendiri bagaimana? Apakah anda tahu apa itu HD?

Selain pertanyaan di atas, masih ada banyak pertanyaan lain terkait istilah ini yang juga perlu anda ketahui, seperti misalnya perbedaan dari HD 720p dengan 1080p, yang sering anda temukan saat sedang menonton tayangan di Youtube, video dan lain sebagainya.

Tak hanya you tube ataupun video, sekarang ini game konsol pun sudah banyak yang menggunakan HD, bahkan hampir semua siaran layanan publik seperti BBC, ITV Channel 4 dan Channel 5 telah mendedikasikan saluran HD dan layanan Streaming seperti misalnya Netflix dan Amazon Prime Instan Video, yang dapat memutar ribuan film. Hal ini tentu saja tidak terlepas dari banyaknya permintaan yang datang atau masuk.

Sampai-sampai hp yang berharga murah sekalipun saat ini sudah memiliki High Def lho, sehingga kini anda sudah bisa menikmati video dengan kualitas yang terbaik.

Hayoo, handphone anda sudah HD belum? Pasti sudah lah ya kan? Berhubung banyak dari anda yang sudah memakai handphone dengan kualitas HD, anda pasti bisa jawab pertanyaan di atas tadi kan?

Jadi, apa sih sebenarnya HD itu? Lalu, berapa banyak jenis HD yang ada dan apa bedanya dengan HD 720p, full HD 1080p, Quad HD dan 4k Ultra HD? Ayo coba dipikir-pikir dulu. Sudah ketemu jawabannya belum? Kalau belum, tak usah pusing-pusing untuk ‘search’ sana sini, cukup stay di artikel ini saja dan baca sampai selesai.

Dijamin deh, anda pasti bisa menemukan jawaban dari pertanyaan yang diajukan di atas. Supaya anda tidak semakin penasaran, yuk langsung saja baca penjelasan di bawah ini.

Apa itu HD?

5-31

Apa sih yang dimaksud dengan HD itu? Mengapa istilah ini bisa sangat populer saat ini? HD atau jika dipanjangkan menjadi High Definition ini sebenarnya lebih mengacu kepada tingkat detail dari sebuah layar.

Atau dengan kata lain, bisa diartikan sebagai jumlah piksel yang masuk ke dalam layar. Piksel yang dimaksud di sini adalah elemen yang terlihat paling kecil di layar, yang tampak seperti “titik-titik” yang digabungkan untuk membentuk keseluruhan gambar.

Bisa dibilang kalau piksel merupakan unsur gambar atau representasi sebuah titik terkecil dalam sebuah gambar grafis yang dihitung per inci.

Piksel sendiri berasal dari akronim bahasa Inggris, yaitu Picture Element yang disingkat menjadi Pixel. Pada ujung tertinggi skala resolusi, mesin cetak gambar berwarna biasanya dapat menghasilkan hasil cetak yang memiliki lebih dari 2.500 titik per inci, dengan pilihan 16 juta warna lebih untuk setiap incinya.

Artinya, di dalam istilah komputer berarti gambar seluas satu inci persegi yang bisa ditampilkan pada tingkat resolusi tersebut sepadan dengan 150 juta bit informasi.

Monitor atau layar datar yang sering kita temui di dalam kehidupan kita umumnya terdiri dari ribuan piksel, yang terbagi dalam baris-baris dan kolom-kolom. Untuk mengetahui jumlah piksel yang terdapat dalam sebuah monitor, kita bisa mengetahuinya dari resolusi yang dimilikinya.

Resolusi maksimum yang disediakan oleh monitor adalah sekitar 1024 x 768, maka dengan begitu jumlah pixel yang ada dalam layar monitor tersebut adalah 786432 piksel. Semakin tinggi jumlah piksel yang tersedia dalam monitor, maka akan semakin tajam gambar yang mampu ditampilkan oleh monitor tersebut.

HD sendiri terdiri dari definisi standar tingkat detail di TV warna analog, yang kebanyakan kita jumpai telah memasukan atau menyematkan lebih banyak jumlah piksel untuk menghasilkan lebih banyak gambar yang lebih tajam dan bersih saat sedang memutar video.

Jenis-Jenis Resolusi HD

Saat ini, ada 3 jenis resolusi HD yang telah dikenal bahkan digunakan oleh masyarakat. Keberadaan resolusi ini di masyarakat bisa dikatakan sangatlah membantu, terutama ketika seseorang hendak membeli atau mencari barang-barang elekronik seperti televisi dengan resolusi gambar yang baik misalnya.

Tapi meskipun begitu, sekalipun sudah banyak barang-barang atau monitor TV yang disajikan dengan teknologi “HD”, bukan berarti itu bahwa tipe yang seperti ini yang anda inginkan atau butuhkan. Yah, mungkin saja anda membutuhkan yang lebih dari sekedar HD, atau mungkin anda membutuhkan keterangan yang jauh lebih detail lagi.

Seperti yang disebutkan di atas tadi, HD terbagi menjadi 3 jenis, yang diantaranya adalah 720p, 1080i dan 1080p. Dengan adanya jenis-jenis ini, anda pun bisa bebas memilih resolusi yang anda inginkan sebelum akhirnya memutuskan untuk membelinya.

Berikut akan kami beritahukan perbedaan di antara ketiga jenis tersebut.

Perbedaan Antara HD 720p, 1080i dan 1080p

3-8-768x429

Sebelum masuk ke dalam penjelasan tentang perbedaan ketiga jenis resolusi HD yang telah disebutkan, terlebih dahulu anda harus mengetahui arti dari huruf “p” yang tertempel pada 720p dan 1080p ataupun arti huruf “i” pada 1080i.

Mari kita bahas satu per satu. Untuk makna hurup “p” di sini adalah singkatan dari kata Proggresive, sedangkan huruf “i” memiliki arti Intralaced. Dan jika kita lihat dari segi kualitasnya, jelas sekali kalau 1080p adalah yang terbaik dari semuanya.

720p, 1080i dan 1080p sebenarnya adalah versi yang dimiliki oleh HD, namun mereka bertiga memiliki tingkat kecerahan yang berbeda-beda. Perlu untuk anda ketahui bahwa sebenarnya tidak semua televisi memiliki tampilan dengan layar 1080i.

Pengen tahu alasannya apa? Sabar dulu ya guys karena alasannya akan kami jelaskan nanti. Kita bahas satu demi satu dulu. Oke?

Jadi, sebelum kita membahas mengenai 1080i, mari kita lihat terlebih dahulu perbedaan di antara jenis HD 720p dengan 1080p. Berikut penjabarannya yang lebih lanjut.

720p vs 1080p

3-36-768x432

Sama halnya seperti TV analog, hampir semua TV Inggris sebenarnya masih menggunakan sistem PAL (Phase Alternating Line) yang pada dasarnya masih memakai ukuran standar yaitu 576i.

Pada msa-masa TV analog masih berjaya dan ramai digunakan oleh masyarakat, semua TV Inggris memang diketahui masih menggunakan sistem siaran PAL (Phase Alternating Line), yang menggunakan definisi standar 576i.

Dengan kata lain, konten video yang dihadirkan memiliki ukuran lebar 720 piksel x resolusi tinggi 576 piksel, yang biasa kita kenal dengan nama “Standar Definisi” atau SD. Nggak asing kan dengan istilah ini? Apalagi untuk anda yang suka nonton video.

Jika dibandingkan, layar 720p yang berukuran 1280 piksel (lebar) x 720 piksel (tinggi) lebih dari dua kali detail definisi standar (SD), sehingga membuat pemutaran video menjadi cukup tajam di TV standar.

Namun, untuk yang HD nya 1080p, bisa jauh lebih baik lagi, karena layar atau monitor yang dilengkapi dengan resolusi sebesar ini jumlah pikselnya menjadi 1920 x 1080, yaitu lima kali lebih rinci daripada SD.

Contoh kecilnya seperti ini, ketika anda sedang menyaksikan tayangan di Youtube secara tidak langsung anda dapat menjelaskan perbedaan antara keduanya dan bisa menentukan mana yang lebih baik atau enak ditonton atau dilihat gambarnya.

TV yang memiliki tampilan HD dengan resolusi 720p hanya akan bisa menampilkan video pada resolusi ini dan tidak bisa lebih tinggi. Jadi, jika anda berencana untuk bermain game HD di PlayStation 4 yang sudah mendukung tampilan 1080p Full HD atau streaming film dengan kualitas terbaik dari Netflix, anda mungkin harus menghindari pemasangan TV 720p.

Itu semua dikarenakan PlayStation 4 atau Netflix yang anda gunakan untuk bermain tidak akan bekerja pada set TV yang masih memiliki tampilan 720p. Anda tidak akan bisa mendapatkan performa terbaik yang mutlak jika masih menggunakan 720p.

Sebagian besar TV 720p yang biasa anda lihat di toko-toko, cenderung menuju pada harga yang lebih murah dan selalu dipasarkan sebagai “HD Ready”. Ini disebabkan karena 720p adalah hal yang kurang memenuhi standar di pasaran.

Semua orang tentu ingin merasakan sensasi menonton yang lebih baik, bukan? Makanya mereka memilih layar dengan resolusi yang tinggi. Lambat laun, TV yang masih menyajikan resolusi yang rendah ini secara perlahan akan segera tersingkirkan dan musnah mungkin.

Sebagian besar set 1080p yang biasa anda lihat akan dipasarkan sebagai “Full HD” atau “True HD” karena dapat memberikan anda pengalaman menonton yang lebih kaya dan lebih jelas.

Dapatkah Pemutaran TV Dari 720p ke 1080p Menjadi Full HD Video?

2-43

Setiap TV umumnya akan memiliki apa yang disebut dengan resolusi tinggi seperti gambar aslinya. Karena pada dasarnya set 720p hanya lebih baik dalam menampilkan siaran yang memiliki HD 720p saja.

Setiap siaran atau format yang diterima TV anda, akan ditampilkan dalam resolusi aslinya. Jadi, jika set TV anda adalah 720p dan anda menerima sinyal 1080p dari pemutar siaran, pemutar Blu-ray atau permainan, maka akan menurunkan kelasnya agar sesuai dengan kualitas yang di layar televisi anda. Demikian pula dengan siaran definisi standar 576p pun akan sama.

Semua saluran HD dari BBC, Channel 4, Sky dan Virgin Media misalnya disiarkan melalui 1080i. Sebuah TV HD 720p kemudian akan mengurangi resolusi ini agar sesuai, sementara TV set 1080p bisa menanganinya dengan gambar aslinya. Kita akan membahas perbedaan antara 1080i dan 1080p sebentar lagi ya, biar anda bisa tahu bedanya dimana.

Kelebihan nyata yang dimiliki oleh TV berkualitas 1080p dari 720p adalah ketika saat sedang menonton film Blu-ray. Blu-ray sendiri merupakan format 1080p asli, jadi mereka terlihat paling bagus di TV 1080p. Jika anda mendapatkan koleksi Blu-ray yang sedang berkembang maka pilihannya sudah jelas masuk untuk set 1080p.

Dari segi kualitas gambar pada layar TV 24 inci dengan TV 26 inci bedanya tidak terlihat terlalu mencolok, kecuali ketika anda duduk dengan jarak yang cukup dekat. Hanya pada layar yang lebih besar saja, yaitu 32-inci ke atas yang dapat dilihat secara jelas dan keuntungannya memiliki siaran berkualitas 1080p.

Perbedaan 1080i dan 1080p

d

Jika yang anda adalah perbedaan kedua jenis resolusi ini, sebenarnya keduanya, yaitu 1080i dan 1080p menanyangkan siaran dengan tampilan gambar pada hitungan pixel yang sama satu sama lain, yaitu 1920 x 1080. Perbedaan utama dari keduanya hanya terletak pada bagaimana gambar itu bisa dibuat di TV anda.

Seperti yang sudah dijelaskan sedikit di atas tadi, arti dari huruf “i” dan “p” pada 1080i dan 1080p adalah “i” untuk Interlaced dan “p” untuk Proggresive.

Pemindaian interlaced ini dapat membuat gambar dalam garis vertikal, memecah gambar menjadi kolom individual kemudian menampilkan setiap baris lainnya pada tingkat yang sangat tinggi pada kurun waktu sekitar 1/25 detik.

Garis bernomor ganjil ini kemudian dicat di layar terlebih dulu, bahkan diberi nomor baris. Meskipun ini sangat cepat dan tidak mungkin bagi mata manusia untuk dideteksi, namun ini bisa menciptakan efek sekilas seperti “efek ghost (hantu)” pada siaran di televisi, terutama acara olahraga secara Live (Langsung).

Sedangkan untuk pemindaian progresif sendiri dapat membuat gambar secara berurutan sekaligus, sehingga membuat gambar yang jauh lebih mulus secara keseluruhan tanpa harus mengalami efek ghosting (hantu).

Terlebih lagi, display panel datar seperti LCD, LED dan plasma (jenis TV HD yang paling umum) secara otomatis akan mengubah sinyal 1080i yang masuk menjadi 1080p.

TV yang memiliki kualitas baik (umumnya yang lebih mahal dari merek-merek terkenal) akan menggunakan proses yang cerdas untuk mengganti garis yang hilang, namun TV yang lebih murah tidak akan terlihat cukup bagus karena tidak bisa melakukannya.

Interlaced Scan mulai diperkenalkan untuk TV analog baik sebagai bentuk kompresi data (hanya mengirim setengah sinyal pada satu waktu) ataupun karena TV CRT tua (tabung sinar katoda) di masa lalu tidak dapat secara fisik memindai layar yang cukup cepat untuk sebuah gambar progresif.

Bagaimana jika TV HD 720p dan 1080p dibandingkan dengan TV Quad HD dan 4K UHD?

f

Teknologi TV baru yang cukup besar dan mahal tentu saja adalah TV dengan layar HD Ultra 4K, yang harganya bisa mencapai ratusan kali lipat dari TV-TV yang sebelumnya.

Namun sekarang anda sudah bisa memilikinya hanya dengan harga di bawah £ 1000. Sekali lagi, bedanya kebanyakan adalah terletak pada  resolusi layar yang dimiliki.

Mari kita simak perbandingan HD vs Quad HD vs 4K UHD berikut ini untuk mengetahui arti dari semua istilah tersebut dan perbedaannya.

Sebelum masuk ke dalam penjelasan yang lebih lanjut, ada pertanyaan yang perlu anda jawab, yaitu haruskah kita membeli TV 4K untuk bisa menikmati kualitas gambar yang baik?

Nah, sekarang ini sudah ada lebih banyak cara yang bisa dilakukan agar bisa menikmati video 4K di televisi rumah anda, baik itu Netflix dan Sky TV. Konon, perbedaan antara 4K UHD dan Full HD hanya akan benar-benar terlihat saat anda memasang dua layar tersebut secara berdampingan dan tidak ada jaminan bahwa 4K akan bertahan terlalu lama dibandingkan dengan TV yang lainnya.

Tapi jika anda memiliki banyak uang, tidak ada salahnya jika memang anda ingin memiliki TV 4K di rumah anda. Jika tidak, ya tidak perlu terlalu memaksakan diri anda. Layar 1080p juga sudah cukup bagus.

Bisakah Televisi HD Memutar Video 4K?

Sama seperti TV 720p yang memutar ulang DVD Full HD 1080p dan mengupload video Full HD, sebuah televisi HD juga dapat memutar video 4K tanpa ada masalah.

Kualitas video hanya diturunkan agar sesuai dengan kualitas TV dan jumlah pixelnya. Sebenarnya, karena konten video 4K UHD memiliki bit rate lebih tinggi daripada video HD, kemungkinan besar akan terlihat bagus dan bermain dengan tampilan yang lebih halus daripada TV high-def anda.

Kesimpulan

HD atau High Definition sebenarnya lebih mengacu kepada tingkat detail sebuah layar atau dengan kata lain, jumlah piksel yang masuk atau disematkan ke dalam layar. Sebuah piksel adalah elemen yang terlihat paling kecil di layar, yang tampak seperti “titik-titik”, yang digabungkan untuk membentuk keseluruhan gambar.

720p, 1080i dan 1080p merupakan beberapa versi atau jenis yang dimiliki oleh HD, namun ketiganya memiliki tingkat kecerahan yang berbeda. Perlu juga untuk anda ketahui, bahwa tidak semua televisi memiliki tampilan dengan layar 1080i.

TV yang memiliki tampilan HD dengan resolusi 720p hanya akan bisa menampilkan video pada resolusi ini dan tidak bisa lebih tinggi. Jadi, jika anda berencana bermain game HD di PlayStation 4 yang sudah mendukung tampilan 1080p Full HD atau streaming film dengan kualitas terbaik dari Netflix, anda harus menghindari pemakaian TV 720p.

Setiap siaran atau format yang diterima TV anda, akan ditampilkan dalam resolusi aslinya. Jadi, jika set 720p anda menerima sinyal 1080p dari pemutar siaran, pemutar Blu-ray atau permainan, akan menurunkan kelasnya agar sesuai dengan kualitas yang di layar televisi anda. Demikian pula dengan siaran definisi standar 576p.

Selain TV dengan layar HD 720p, 1080p dan 1080i, adapula layar Ultra 4K yang harganya sangat mahal. Meskipun harganya sangat mahal, namun perbedaan antara 4K UHD dan Full HD sendiri hanya akan benar-benar terlihat saat anda memasang dua layar tersebut secara berdampingan dan tidak ada jaminan bahwa 4K akan bertahan terlalu lama dibandingkan dengan TV yang lainnya.

Jadi, anda tidak perlu menghabiskan banyak uang hanya untuk membeli TV mahal, karena TV dengan resolusi 1080p saja sudah cukup bagus, ya terkecuali anda memang memiliki uang yang berlebih.

Itulah tadi penjelasan singkat mengenai HD dan kualitas yang dimiliki seperti 720p, 1080p, 1080i serta 4K Ultra HD. Semoga dengan artikel ini bisa memberikan anda wawasan dan pengetahuan yang baru. Terima kasih