Home lifestyle Mencegah Mata Lelah Dengan Menggunakan Metode 20-20-20
Mencegah Mata Lelah Dengan Menggunakan Metode 20-20-20

Mencegah Mata Lelah Dengan Menggunakan Metode 20-20-20

0

Mata lelah adalah istilah lain untuk kondisi yang biasanya disebut dengan mata pegal yang ciri-cirinya adalah mata terasa sakit, lemas atau berat akibat dipakai terus-menerus. Mata lelah bukan penyakit dan tidak diperlukan pengobatan, tapi enggak ada salahnya kita untuk tahu bagaimana cara mencegah meunculnya kondisi tersebut.

Kelelahan mata atau mata regangan (perubahan ukuran atau bentuk) merupakan kondisi umum dan sangat menyebalkan. Walaupun kondisi ini jarang dikatakan serius, namun kadang-kadang kelelahan mata adalah tanda kondisi yang mendasari yang mungkin perlu perawatan medis.

Tapi itu biasanya tidak serius dan hilang setelah mata anda diistirahatkan atau mengambil langkah-langkah lain untuk mengurangi ketidaknyamanan pada mata anda.

Di zaman serba canggih sekarang ini, ada banyak teknologi yang berbau Gadget dengan layar sentuhnya yang memanjakan jari kita. Seharian berada di depan layar sudah menjadi kebiasaan orang zaman sekarang. Pekerja kantoran, pelajar, mahasiswa dan ibu rumah tangga hidup tidak jauh dari layar gadget.

Mulai dari layar laptop, HP, tablet, hingga televisi. Padahal, terlalu sering melihat ke layar gadget membuat mata menjadi cepat lelah. Perangkat seperti inilah yang memang selalu dikaitkan dengan kelelahan mata anda karena kecenderungan untuk berkedip lebih sering ketika menatap layar tersebut.

Tenang saja, untuk menyeimbangkan kebiasaan anda di depan layar, metode 20-20-20 bisa menjadi solusi yang tepat cegah mata lelah. Sudah tahu metode 20-20-20? Jika belum, simak ulasan di bawah ini.

Apa Sebenarnya Metode 20-20-20 Itu?

2

Metode 20-20-20 adalah mengalihkan pandangan dari layar gadget, komputer atau televisi dengan jarak, durasi serta jeda waktu. Cara sederhana ini mampu mengurangi kelelahan yang disebabkan oleh lamanya mata kita memandang objek tersebut. Dengan memberikan jarak, durasi dan jeda waktu ini, secara langsung kita dapat mengurangi efek samping yang akan terjadi yaitu mata rabun.

Untuk anda memahmi apa maksud dari jarak, durasi serta jeda waktu tadi, berikut adalah penjelasan lengkapnya.

  • Jarak Sejauh 20 kaki

Melihat sesuatu yang berjarak 20 kaki (6 meter) tidak perlu Anda ukur. Kuncinya adalah, istirahatkan mata untuk fokus pada sesuatu yang jauh dari tempat Anda. Contohnya melihat pohon di luar jendela atau melihat benda yang sangat jauh dari posisi anda.

Jika ruangan anda kecil, cobalah untuk jalan keluar sejenak ke tempat yang lebih luas agar mata anda bisa melihat banyak benda-benda yang jauh di tempat tersebut. Hal ini bisa membantu cegah mata lelah dan kering.

  • Durasi Selama 20 detik

Metode ini hanya membutuhkan waktu selama 20 detik untuk membuat mata anda menjadi lebih rileks. Saat anda mengistirahatkan mata, ada baiknya sambil bangun dari tempat duduk dan sedikit bergerak atau berpindah. Contohnya sambil mengambil segelas air  atau sambil ke toilet. Minum air juga bisa memastikan mata tetap lembap dan tidak kering.

  • Jeda Mata Selama 20 menit

Selama 20 menit di depan layar, biasanya mata semakin menegang melihat layar. Maka setiap 20 menit mata seharusnya diistirahatkan agar tidak cepat lelah dan supaya anda bisa mencegah gangguan mata lainnya, misalnya mata kering.

Untuk mengingatkan diri sendiri kapan harus beristirahat melihat layar tiap 20 menit, Anda bisa membuat tulisan di depan layar anda. Anda juga bisa memasang alarm sebagai pengingat. Atau gunakan berbagai aplikasi di smartphone yang tersedia untuk melakukan metode 20-20-20 ini.

Mengapa Mata Bisa Lelah Jika Menatap Layar

4

Bukan hanya menatap layar yang berbau gadget, laptop, atau komputer saja yang bisa membuta mata seseorang, menjadi mudah lelah. Jika anda gemar menonton televisi apalagi sambil bermain game juga dapat menyebabkan mata anda menjadi lelah.

Hal tersebut bisa terjadi karena mata kita terpapar oleh sinar biru dari layar gadget yang sehari-hari kita pandangai. Apakah yang dimaksud dengan sinar biru itu? Sinar biru adalah sebuah sinar yang tampak dengan panjang gelombang pendek, sekitar 415 sampai 455 nm dan memiliki tingkat energi yang tinggi.

Sinar biru sebenarnya merupakan salah satu jenis Visible Light yang tergolong berbahaya bagi mata manusia. Jika mata manusia sering terpapar sinar biru ini, maka akan mengakibatkan degenerasi (perubahan keadaan) pada retina mata.

Selain itu, kalau misalnya malam-malam anda begadang menghadap layar monitor, ternyata itu juga berbahaya. Berdasarkan sumber yang kami baca, ternyata sinar biru bisa mengakibatkan penurunan produksi hormon melatonin yaitu hormon pengatur siklus tidur seseorang.

Gejala Mata Lelah

 

Mata merupakan salah satu panca indera yang amat besar fungsinya bagi tubuh manusia khususnya dalam bidang penglihatan. Setiap hari, kita tidak bisa terlepas dari bantuan penglihatan mata untuk melakukan berbagai macam aktivitas. Sangat penting bagi kita untuk mengistirahatkan mata agar kita tetap sehat dan terhindar dari berbagai gangguan mata.

Setiap aktivitas yang memerlukan penggunaan intens pada mata seperti berlama-lama mengemudi atau memabaca, dapat menyebabkan mata lelah. Beberapa orang tidak ingin menyia-nyiakan waktu bahkan sepersekian detik pun di tempat. Menatap layar monitor komputer, hp atau benda yang lain dapat menyebabkan ketegangan pada mata.

Penurunan asupan air juga dapat menyebabkan mata menjadi mudah lelah. Kurangnya vitamin B12 vitamin D serta vitamin K dari makana juga menyebabkan kondisi seperti ini.

Kutu buku suka sekali membaca sampai mereka menyelesaikan membaca buku tanpa istirahat. Ini juga dapat mengakibatkan mata lelah. Membaca buku terus-menerus dalam cahaya redup juga menyebabkan ketegangan pada mata.

Jika sudah begini, luangkan sejenak waktuanda untuk mengistirahatkian mata agar fresh kembali. Gejala mata lelah merupakan sinyal bahwa mata membutuhkan istirahat, hal ini dapat dilihata dari tanda-tanda seperti:

  • Mata terasa berat dan berair
  • Mata terasa perih, gatal dan kering
  • Pandangan menjadi kurang fokus
  • Mata sangat sensitif terhadap cahaya
  • Pandangan menjadi ganda atau kabur
  • Sakit kepala, leher bahu dan punggung

Gejala mata lelah umumnya tidak perlu penanganan yang serius. Cukup mengistirahatkan mata dengan cara dipejamkan dan beberapa saat kemudian lelah pun akan hilang. Namun, apabila mata terasa berat daam waktu yang cukup lama, biasanya dokter akan menganjurkan untuk memamakaui kacamata.

Cara Mengatasi Mata Lelah

Gangguan mata lelah karena terlalu lama menatap lama layar bisa dialami siapa saja. Lalu, bagaimana jika anda mengalami kondisi tersebut? Tenang saja, ada gejala pasti ada cara untuk mengatasinhandphoneya. Berikut adalah yang harus anda lakukan untuk menghindari mata lelah, antara lain sebagai berikut:

1. Mengatur pencahayaan layar hp

Jika anda adalah seorang yang dituntut untuk bisa menatap layar hp dalam waktu lama hal pertama yang perlu anda lakukan adalah melakukan setting pencahayaan pada layar hp anda.

Karena sinar yang masuk ke mata biasanya akan berpengaruh terhadap fokus mata anda. Jangan mengatur pencahayaan dengan high kontras 100% dan brightness 100% karena malah akan semakin memicu mata anda mengalami kelelahan. Anda juga bisa mengatur layar handphone menjadi 75% untuk kontras dan 70% untuk brightnya agar terhindar dari yang namanay mata lelah.

2. Mengubah ukuran font hp

Ukuran font yang terlalu kecil malah akan mengakibatkan mata anda menjadi cepat lelah karena terlalu lama mengkerucutkan mata. Ubah ukuran menjadi normal atau kalau perlu ukurannya menjadi besar agar tulisan menjadi mudah untuk dibaca.

3. Memberi jeda untuk mengistirahatkan mata

Hal yang tidak kalah penting harus anda lakukan juga adalah memberikan jeda disaat anda sedang melihat hp. Tujuannya adalah agar mata bisa beristirahat agar tidak terlalu kelelahan karena lama menatap layar hp.

4. Mengedipkan mata

Coba untuk mengedipkan mata juga akan membantu mata kamu menjadi fresh dan bagian kelopak mata tidak cepat mengalami kering. Karena faktor kelelahan adalah otot mata yang terlalu menegang sehingga Anda harus membantunya rileks kembali. Coba untuk mengedipkan mata dengan teknik 20-3-1 tiap 20 detik sekali.

5. Menggunakan obat tetes mata

Jika mata anda lelah karena terlalu lama menatap layar hp, untuk cara mengatasi mata lelah dan perih anda juga bisa coba memanfaatkan penggunaan obat tetes. Beberapa obat tetes yang umum digunakan dan sudah tersedia diberbagai apotik.

6. Jika mata lelah disertai kondisi lainnya segera periksakan ke dokter

Selain menggunakan obat tetes mata lelah, jika ternyata keluhan mata lelah anda cukup parah dan malah membuat anda semakin tidak nyaman, akan sangat dianjurkan anda untuk memeriksakan mata anda pada dokter. Karena bisa saja mata anda ternyata mendapat gangguan penyakit mata tertentu.

7. Membuat rileks mata dengan mentimun

Saat mata lelah, sebaiknya anda juga bisa membuat mata menjadi kembali rileks. Caranya adalah dengan menggunakan mentimun untuk melemaskan otot mata agar tidak semakin tegang. Anda tinggal menyiapkan 1 buah mentimun, kemudian diiris tipis setelah itu tempelkan ke mata. Kandungan di dalam mentimun akan membantu mata anda menjadi rileks kembali.

Kata Penelitian Tentang Mata Lelah Akibat Perangkat Digital

6

American Academy of Ophthamology dari Amerika Serikat mengatakan bahwa melihat perangkat digital sebenarnya tidak merusak mata. Akan tetapi, lama-lama hal ini bisa menimbulkan ketegangan dan gejala yang mengganggu pengelihatan.

Manusia biasanya berkedip selama 15 kali tiap menitnya. Namun, saat menatap ke layar gadget maka jumlah kedipan akan turun. Kedipan mata bisa berkurang hingga setengah atau 3 kali lipatnya.

Kondisi inilah yang menyebabkan mata cepat lelah karena dipaksa bekerja fokus menatap layar tanpa banyak berkedip. Ketegangan mata yang disebabkan oleh melihat layar gadget terlalu lama disebut dengan computer vision syndrome (CVS).

Pada sebuah studi dalam Nepalese Journal of Ophthamology tahun 2013, para peneliti menguji penggunaan komputer dan efeknya terhadap mata para mahasiswa di Malaysia. Hasilnya, hampir 90 persen dari 795 mahasiswa memiliki gejala CVS. Dari berbagai gejala CVS, yang paling banyak dialami adalah sakit kepala. Gejala ini paling sering ditemukan setelah peserta menggunakan komputer selama dua jam.

Mengistirahatkan mata beberapa kali dengan metode 20-20-20 bisa cegah mata lelah dan mengurangi gejala ketegangan mata mereka secara signifikan.

Para dokter menyarankan metode 20-20-20 ini sebagai kebiasaan yang harus ditanamkan untuk menjaga kesehatan mata, apalagi pada anak-anak.

Jika sudah sampai merasakan hal-hal seperti di atas, pasti akan sangat mengganggu aktivitas anda, bukan? Bukannya pekerjaan selesai, justru malah bisa sebaliknya. Oleh karena itu, cegah mata lelah anda dengan teknik 20-20-20 ini. Selamat Mencoba