Home Kuliner Perbedaan Antara Frappuccino, Latte Dan Cappuccino
Perbedaan Antara Frappuccino, Latte Dan Cappuccino

Perbedaan Antara Frappuccino, Latte Dan Cappuccino

0

Disaat musim hujan seperti sekarang ini, memang lebih enak berdiam diri dirumah sambil ditemani secangkir kopi yang panas dan dan juga sebuah koran. Dan untuk sekarang ini, minum kopi tidak mengenal waktu dan juga cuaca.

Ada banyak Coffee Shop di seluruh dunia bahkan Indonesia yang menyajikan aneka macam kopi untuk kamu nikmati pagi, siang, sore maupun malam. Ada kopi yang berjenis Latte, Cappucino dan Frappuccino. Tapi, banyak dari masyarakat yang tidak bisa membedakan diantara ketiga jenis yang disebutkan tadi.

Maka dari itu, sudah saatnya kamu untuk mengetahui bagaimana cara membedakan kopi-kopi ini. Memang semua kopi berasal dari biji kopi yang dipetik langsung dari pohonnya. Terdapat tiga jenis kopi menurut golongannya yaitu luwak, arabika dan robusta.

Biji luwak biasanya diolah dengan cara ditumbuk dan langsung diseduh tanpa ada tambahan apapun karena rasanya memang sudah unik. Berbeda dengan arabika dan robusta, kedua kopi ini dibuat dengan agak sedikit rumit karena ada penambahan rasa agar menciptakan rasa kopi yang sangat nikmat.

Baiklah, untuk lebih detailnya kamu baca terus artikel ini sampai habis yah agar gak keliru lagi dalam membedakan ketiga jenis minumana ini.

Frappuccino

Kopi ini sering didefinisikan sebagai minuman milik Starbucks dan berasal dari produk merk dagang dari minuman kopi campuran yang kebanyakkan disajikan dalam keadaan dingin. Frappuccino pertama kali diproduksi di Massachusetts milik George Howwel, The Coffee Connection.

Pada saat Starbucks mengakuisisi The Coffee Connection pada tahun 1994, mereka juga mengambil hak untuk memanfaatkan, membuat, memasarkan dan menawarkan minuman Frappuccino. Disajikan di bawah nama Starbucks pada tahun 1995 dan dimulai pada tahun 2012, Starbucks memiliki penawaran Frappuccino tahunan lebih dari $2 miliar.

1

Banyak minuman menggabungkan bahan-bahan tambahan yang bisa menggabungkan tembakan kopi, sirup yang disempurnakan, keripik cokelat dan bubuk musiman. Frappuccino juga bisa dicampur dua kali atau dibuat dengan es yang cukup banyak.

Penyiraman Mocha ditambahkan ke Chip Java dan Chip Chocolaty Ganda dengan standar dan shower karamel juga ditambahkan. Minuman apapun dapat memiliki sirup ekstra kopi atau berbagai bumbu yang disertakan dengan permintaan untuk biaya tambahan.

Ini terdiri dari espresso atau bahan dasar lainnya, dicampur dengan es dan berbagai bahan makanan, biasanya dilengkapi dengan whipped cream dan saus. Frappuccino juga dijual sebagai minuman espresso kemasan di toko dan dari mesin permen. Beberapa jenis minuman utama termasuk campuran tanpa kafein, crème, vegan dan jus yang memiliki varietas berbeda ditambahkan ke dalam campuran.

Latte

Latte didefinisikan sebagai minuman yang dibuat dengan bantuan espresso dan susu yang telah dikukus. Kedua item yang ditambahkan di dalamnya harus dididihkan pada suhu tertentu dengan tekanan dan akhirnya digiling dengan beberapa biji kopi.

Kopi yang lebih tebal daripada espresso yang difermentasi dengan strategi yang berbeda, memiliki konvergensi yang lebih tinggi dari padatan tersuspensi dan bubuhkan serta memiliki krim di bagian atas. Dengan demikian, proses fermentasi yang bertekanan rasa dan bahan kimia dalam ukuran biasa kopi sangat terfokus.

2

Cream yang dihasilkan oleh pengemulsi atau zat untuk menstabilkan di dalam espresso ini menjadi koloid, yang tidak terjadi dalam teknik pencampuran lainnya. Tidak ada standar menyeluruh untuk menghilangkan kopi, namun ada beberapa definisi terdistribusi yang berusaha menempatkan imperatif pada jumlah dan jenis espresso tanah yang digunakan, suhu dan berat air dan tingkat ekstraksi.

Kopi jenis ini adalah minuman espresso tentang strategi dan pencampuran yang dipakai. Setiap tingkat gandum atau tingkat mendidih dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan kopi bonafide.

Misalnya, di Italia Selatan, hidangan yang lebih gelap disukai. Lebih jauh ke Utara, pola itu mengarah ke piring ringan, sementara di luar Italia, rangkaian lengkap lebih menonjol. Ini tidak memiliki banyak jenis, tapi menjadi bagian dari banyak minuman baru seperti caffè latte, cappuccino, caffè macchiato, caffè mocha, putih datar dan caffè Americano. Banyak orang suka memminumnya hangat-hangat karena itu membuat perbedaannya lebih jelas.

Cappuccino

Cappuccino adalah minuman khas Italia yang dibuat dari espresso dan susu, namun referensi lain juga ada yang menyebutkan bahwa Cappuccino berawal dari biji-biji kopi tentara Turki yang tertinggal setelah peperangan yang dipimpin oleh Kara Mustapha Pasha di Wina, Austria saat melawan tentara gabungan Polandia dan Germany.

Cappuccino biasanya didefinisikan sebagai 1/3 espresso, 1/3 susu yang dipanaskan dan 1/3 susu yang dikocok hingga berbusa. Definisi yang lain menyebutkan 1/3 espresso dan 2/3 mikrofoam. Cappuccino berbeda dengan latte macchiato, yang kebanyakan terdiri dari susu dan sedikit busa.

Di Italia, cappuccino hanya diminum saat pagi hari sambil sarapan sebelum beraktifitas. Di beberapa negara lain, cappuccino diminum sepanjang hari atau setelah makan malam. Selain espresso yang baik, unsur terpenting dalam membuat cappuccino adalah tekstur dan temperatur susu.

Bila seorang barista yang terlatih baik memanaskan susu untuk cappuccino, ia harus menciptakan “microfoam” dengan memasukkan busa-busa udara yang sangat halus ke dalam susu. Hal ini membuat susu itu sangat halus dan terasa manis.

3

Idealnya, cappuccino dibuat di sebuah cangkir kopi keramik yang mempunyai daya simpan panas yang jauh lebih baik daripada gelas atau plastik. Di tempat-tempat tertentu, barista yang bisa menciptakan seni latte ketika menuangkan susu yang telah dipanaskan dengan tepat ke dalam espresso, sehingga menciptakan desain-desain tertentu seperti apel, hati, daun dan rangkaian daun.

Hingga tahun 1990an, cappuccino hanya diminum di Eropa dan beberapa kota besar di Amerika Utara, namun setelah itu cappuccino semakin mudah didapat oleh orang-orang Amerika Utara di waralaba warung kopi yang mewah dengan suasana “Eropa” (khususnya Starbucks).

Dari ketiga jenis kopi yang sudah disebutkan tadi terlihat jelas perbedaan serta cara pembuatannya. Semoga setelah kamu mengetahui dan membaca artikel ini, kamu jadi paham dan tidak keliru lagi untuk membedakkannya. Terima kasih.