Home Kesehatan Ternyata, Mencium Aroma “Kentut” Baik Untuk Kesehatan Lho, Ini Alasannya
Ternyata, Mencium Aroma “Kentut” Baik Untuk Kesehatan Lho, Ini Alasannya

Ternyata, Mencium Aroma “Kentut” Baik Untuk Kesehatan Lho, Ini Alasannya

0

Hallo guys, kali ini saya akan membahas kebiasaan yang banyak dibilang oleh sebagian orang mungkin tidak sopan. Ada banyak kategori perilaku yang kurang sopan jika dilakukan di depan umum namun tidak sedikit juga orang-orang malah tidak peduli dengan apa yang ada di sekelilingnya seperti bersendawa, ngupil, bahkan kentut. Nah, kalau denger nama kentut pasti kamu sudah senyum-senyum sendiri kan?

Apa sih sebenarnya yang membuat angin yang kadang memiliki bau ini bisa keluar? Beberapa makanan memang ada yang merangsang saluran cerna untuk mengeluarkan angin.

Hal ini dikarenakan makanan ini mengandung gas, sehingga tubuh akan mengeluarkannya melalui buang angin atau Flatulensi. Namun, sebelum kita membahas tentang makanan apa saja yang dapat merangsang buang angin, sebaiknya kita pahami terlebih dahulu apa itu buang angin dan apa saja penyebabnya.

Apa itu Buang Angin?s

 

Buang angin atau kentut atau nama istilah dalam kedokteran Flatulensi adalah keluarnya gas melalui anus atau dubur akibat penimbuanan gas di dalam perut terutama dari usus besar atau kolon. Kentut biasanya ditandai dengan rasa mulas di perut.

Kentut merupakan sesuatu yang normal dan menyehatkan, karena ini merupakan proses tubuh untuk mengeluarkan gas atau angin dari saluran cerna. Buang angin yang normal biasanya sering terjadi dalam sehari sekitar 15 sampai 20 kali.

Penyebab Buang Angin

d

Gas dalam usus dapat dihasilkan seiring dengan proses pencernaan yang menghancurkan bakteri yang terdapat dalam makanan. Namun, terdapat beberapa kondisi yang menyebabkan meningkatnya aktivitas bakteri dan tubuh jadi lebih sulit menyerap makanan, di antaranya adalah:

  • Udara yang tertelan. Jika udara tertelan, udara tersebut akan melewati saluran pencernaan dan akan dilepaskan melalui anus dalam bentuk angin atau gas (flatus). Terlalu banyak udara yang tertelan juga dapat menyebabkan cegukan.
  • Makanan dan minuman. Jumlah gas yang terkandung dalam makanan berbeda-beda dan menyebabkan dampak yang berbeda-beda pula antar individu. Walaupun beberapa individu memakan makanan yang sama, namun dari mereka ada yang menghasilkan buang angin dan ada juga yang tidak.
  • Sembelit. Dapat menyebabkan perut kembung tetapi umumnya tidak meningkatkan gas dalam perut.
  • Obat atau suplemen. Beberapa obat dan suplemen dapat menyebabkan kembung dan gas sebagai efek sampingnya.
  • Kondisi medis. Seperti gangguan pada usus besar atau penyakit Crohn.
  • Perubahan kadar hormon. Biasanya terjadi pada wanita yang mengalami kembung sebelum mengalami periode menstruasi karena tubuhnya menahan cairan.

Bau Dari Buang Angin Berasal dari Sulfur dan Metana

33

Gas pada kentut umumnya terdiri dari 59 persen nitrogen, 21 persen hidrogen, 9 persen karbon dioksida, 7 persen metana dan 4 persen oksigen. Sebagian besar gas kentut tidak berbau. Tetapi, jenis makanan tertentu misalnya makanan yang berserat tinggi dan mengandung sulfur seperti kembang kol, telur, daging merah bisa menghasilkan bebauan.

Beberapa bakteri juga menghasilkan metana atau hidrogen sulfida yang dapat menambah bau khas. Hanya sekitar satu persen dari kentut mengandung gas hidrogen sulfida dan merkaptan yang mengandung sulfur inilah yang membuat kentut berbau busuk.

Kentut sebenarnya sudah bau sejak awal ia dilepaskan, namun membutuhkan waktu beberapa detik bagi bau tersebut dapat mencapai lubang hidung seseorang untuk mereka bisa bereaksi terhadap bau tersebut.

Apa Saja Makanan yang Jadi Pemicu Seringnya Buang Angin

66

Selain peningkatan aktivitas bakteri, sering buang angin juga dipicu oleh konsumsi beberapa makanan tertentu. Jenis makanan pemicu sering kentut itu di antaranya:

  • Makanan yang mengandung rafinosa, yang terdiri dari galaktosa, glukosa dan fruktosa. Makanan seperti kubis, brokoli dan asparagus biasanya mengandung rafinosa. Kandungan rafinosa dalam dosis banyak juga ditemukan pada kacang.
  • Amilum. Kebanyakan amilum terdapat pada kentang, jagung, dan gandum. Makanan jenis ini menghasilkan gas saat dihancurkan dalam usus besar.
  • Fruktosa, yang banyak ditemukan pada beberapa buah dan minuman manis seperti minuman bersoda dan jus buah dalam kemasan.
  • Sorbitol (gula pengganti), yang banyak ditemukan dalam permen bebas pemanis dan permen karet.
  • Serat. Serat terdiri dari serat yang mudah larut dan serat tak mudah larut. Serat mudah larut mengandung lebih banyak gas dan ia takkan hancur hingga ia mencapai usus besar. Sedangkan serat tidak mudah larut dengan mudah terserap saat melalui usus dan hanya menghasilkan sedikit gas.

Mencium Baunya Ternyata Baik Untuk Kesehatan

55

Ya, mencium bau kentut anda sendiri atau orang lain dapat membawa manfaat kesehatan yang tidak main-main untuk tubuh. Setidaknya, begitu menurut hasil temuan studi terbitan jurnal Medicinal Chemistry Communications, dilansir dari Time. Temuan studi ini menyimpulkan bahwa gas hidrogen sulfida yang ditemukan dalam telur busuk atau gas kentut manusia bisa menjadi faktor kunci dalam pengobatan penyakit berkat fungsi protektifnya terhadap mitokondria.

Gas hidrogen sulfida dalam dosis besar membahayakan tubuh, tapi penelitian ini menunjukkan bahwa paparan dalam tingkat selular dalam jumlah yang lebih kecil dari senyawa tersebut dapat mencegah kerusakan mitokondria.

Alasannya, ketika penyakit memaksa sel-sel tubuh untuk bekerja keras, sel akan menarik enzim untuk menghasilkan sejumlah kecil hidrogen sulfida guna melindungi mitokondria. Mitokondria pada dasarnya bertindak sebagai generator untuk pelepasan energi sel dan tindakan melindungi mitokondria adalah pusat dari pencegahan beberapa penyakit tertentu, mulai dari kanker, stroke, arthritis, serangan jantung, hingga demensia.

Dengan catatan, penelitian ini masih terbilang kecil dan terlalu dini serta belum diuji pada manusia, masih merupakan uji terkontrol di laboratorium terhadap contoh sel. Mungkin untuk sementara waktu, anda cukup berterima kasih jika ada seseorang yang buang angin di dekat anda.

Itulah tadi beberapa hal mengenai buang angin serta manfaat baunya yang ternyata baik untuk kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat.