Home Kesehatan Pengertian, Penyebab Serta Cara Untuk Menghilangkan Bejolan Pada Mata
Pengertian, Penyebab Serta Cara Untuk Menghilangkan Bejolan Pada Mata

Pengertian, Penyebab Serta Cara Untuk Menghilangkan Bejolan Pada Mata

0

Benjolan pada kelopak mata atau biasa kita kenal dengan nama bititan sering disebut sebagai penyakit yang memiliki konotasi negatif di masyarakat.

Namun, penyakit ini sebenarnya disebabkan oleh adanya sesuatu yang masuk kedalam mata kita yang membuat kelenjar minyak disekitar mata menjadi ternfeksi.

Bintitan pada mata bisa terasa sangat menyakitkan atau bahkan menjengkelkan karena membuat aktifitas kita sehari-hari menjadi terganggu dan dapat membuat kita sendiri menjadi risih dengan keberadaanya.

Meski penyakit ini tidak berbahaya dan bisa hilang dengan sendirinya, namun bukan berarti kita tidak memerlukan cara untuk menghilangkannya.

Sebaliknya, jika benjolan di kelopak mata tidak bertambah parah atau tidak menunjukkan tanda-tanda adanya kelainan, maka masih bisa diusahakan untuk disembuhkan dengan perawatan di rumah. Silakan coba ikuti cara-cara berikut ini untuk menyembuhkannya.

Apa itu Sebenarnya Bintitan?

6-2-768x512

Benjolan pada mata atau bintitan adalah suatu kondisi dimana terjadinya peradagangan atau infeksi oleh virus dan bakteri yang bernama Staphylococcus (infeksi stfilokokus) ditepi kelopak mata.

Infeksi akibat virus ini biasanya menyebabkan munculnya bintil atau benjolan pada bagian bawah, atas atau bagian dalam mata. Kelopak mata kita memiliki banyak kelenjar minyak yang dapat menjadi tersumbat oleh jaringan kulit yang mati, kotoran atau penumpukan minyak.

Ketika kelenjar minyak tersumbat, bakteri akan sangat mudah untuktumbuh dan berkembang biak di dalam mata. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya bejolan tersebut.

Jenis-Jenis Benjolan Pada Mata

7-2

Jika dilihat dari tempatnya, terdapat 2 jenis benjolan pada kelopak mata yakni benjolan kelopak mata bagian luar (Hordeolum Eksternal) dan benjolan pada bagian dalam kelopak mata (Hodeolum Internal).

Hordeolum Eksternal sering terjadi karena bintil yang berkembang disepanjang tepi kelopak mata anda mungkin berubah warna menjadi kuning dan bernanah yang akan sangat menyakitkan jika disentuh.

Sedangkan untuk Hodeolum Internal adalah pembengkakan yang biasanya berkembang pada bagian dalam kelopak mata anda, biasanya benjolan ini lebih menyakitkan dari Hordeolum Eksternal.

Penyebab

9-2

Penyebab Benjolan di mata bisa dikarenakan oleh beberapa macam faktor penyakit yang tak sama sebagai latar belakangnya. Sedangkan mata merupakan salah satu organ panca indera terpenting demi menunjang kenyamanan hidup keseharian kita.

Sehingga beragam gangguan sakit pada mata bisa menjadi momok yang menakutkan bagi masing-masing individu. Dan tentunya lebih kompleks daripada cara menghilangkan mata merah, keluhan benjolan mata memerlukan penanganan intensif lagi yang lebih spesifik dan tepat guna.

Maka untuk lebih menambah wawasan maka berikut ini mari langsung kita simak beragam daftar berikut ini. Yakni tentang ragam jenis penyakit yang erat kaitannya dengan penyebab benjolan pada mata, antara lain adalah:

  • Kutil beberapa jenis infeksi virus juga dapat menjadi penyebab benjolan pada kelopak mata tersebut.
  • Lensi keratosis juga menjadi penyebab yang membentuk benjolan jinak. Benjolan ini biasanya membentuk benjolan jinak. Benjolan ini biasanya terjadi karena adanya kelebihan keratin atau protein.
  • Sebuah bintilan di tepi pelupuk mata adalah salah satu penyebab mengapa seseorang menderita benjolan pada kelopak mata. Sebuah bintil di tepi pelupuk mata mengarah pada pembengkakan dan kemerahan pada kelopak mata. Kondisi ini sebenarnya adalah peradangan pada kelenjar sebacius, yang terdapat pada kelopak mata.
  • Ada beberapa kondisi kesehatan lain yang dapat menyababkan benjolan yang terjadi pada kelopak mata. Kondisi ini adalah dermatitis kelopak mata, edema kelopak mata, milia dan jerawat di kelopak mata dan lain sebaginya.

Cara Sederhana Menghilangkan Benjolan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, benjolan pada kelopak mata bisa sembuh dengan sendirinya namun disamping itu, ada juga cara yang bisa anda lakukan untuk mengobati benjolan pada kelopak mata yaitu dengan cara seperti ini.

Bersihkan Benjolan

10-2

Benjolan pada bintitan kadang-kadang terjadi karena adanya kotoran atau benda asing yang menempel di kelopak mata. Kotoran atau benda asing seperti debu atau sisa-sisa make up adalah penyebab utamanya.

Maka dari itu, jangan pernah lupa untuk membersihkan daerah kelopak mata. Caranya ambil bola kapas, celupkan ke dalam air hangat, lalu gunakan untuk membersihkan kelopak mata.

Pastikan anda mencuci tangan terlebih dahulu sebelum membersihkan kelopak mata dan bola kapas harus dalam keadaan bersih. Jika tangan dan bola kapas kotor, maka ada kemungkinan bagian kelopak mata yang terdapat benjolan ini justru makin terkontaminasi kotoran. Lakukan paling tidak dua kali dalam sehari.

Hindari Menekan Benjolan

11-1

Buang keinginan anda untuk menekan-nekan benjolan tersebut, apalagi bertujuan mengeluarkan cairan di dalamnya. Jika anda tetap melakukannya, sangat mungkin membuat keadaan makin parah.

Bahkan, bisa memperdalam infeksi dan menyebarkan kuman ke mata yang satunya. Hal tersebut juga dapat menyebabkan bekas luka yang bersifat permanen.

Gunakan Krim Antibakteri

12-1-768x512

Oleskan krim antibakteri pada benjolan akibat bintitan di kelopak mata, sedikit saja sudah cukup. Zat anestesi yang terdapat di krim ini juga membantu mengatasi ketidaknyamanan akibat bintitan.

Terlebih, krim tersebut mudah didapatkan di apotek terdekat. Yang perlu diperhatikan adalah hindari mengoleskannya di bagian dalam mata karena justru dapat menyebabkan iritasi pada mata. Krim antibiotik dapat juga membantu penyembuhan bintitan yang disebabkan oleh infeksi.

Kompres Dengan Air Hangat

8-1

Air hangat akan membantu memberi rasa nyaman pada mata. Caranya mudah, ambillah handuk, lalu celupkan ke dalam air hangat kemudia peras lalu tempelkan handuk tersebut di kelopak mata yang terdapat benjolan.

Lakukan 3-4 kali sehari sampai benjolan hilang. Anda pun dapat mengompresnya menggunakan kantong teh yang sudah dicelup air hangat sebagai pengganti handuk.

Demikianlah artikel kami kali ini mengenai benjolan atau bintalan yang terjadi pada kelopak mata. Mari senantiasa jeli serta peduli pada kesehatan mata kita masing-masing. Dan pastinya semakin menambah wawasan tentang cara menjaga kesehatan mata sekaligus diaplikasikan dalam tindakan nyata dalam keseharian ya.