Home Kesehatan Pasak Bumi Ternyata Memiliki Efek Samping Yang Mengerikan, Apakah Itu?
Pasak Bumi Ternyata Memiliki Efek Samping Yang Mengerikan, Apakah Itu?

Pasak Bumi Ternyata Memiliki Efek Samping Yang Mengerikan, Apakah Itu?

0

Guys, Setelah pada artikel sebelumnya saya telah membahas bagaimana cara membuat hubungan intim terasa nikmat, kali ini saya akan membahas tentang keampuhan dari pasak bumi yang sejatinya adalah senjata paling dahsyat bagi pria untuk memuaskan wanita saat bercinta.

Pasak bumi sendiri adalah tanaman herbal yang mungkin saja namanya sudah tak membuat orang kebanyakan terutama para lelaki jantan tidak heran lagi. Akar pasak bumi memanglah sudah terkenal sejak lama sebagai herbal senjata rahasia bagi para pejantan tangguh dalam urusan kamar.

Akar tanaman ini konon sejak jaman dulu sudah dipakai secara turun temurun sebagai penambah gaya gedor para lelaki dalam berhubungan intim. Memang seperti negatif kedengarannya tapi sangatlah positif untuk masalah kesehatan seksual seoarang lelaki karena sebagai obat kuat yang alami hasil karya alam berbentuk tanaman yang di ambil akarnya jadi sangat minim resiko.

Oleh sebab itu, pada artikel kali ini akan dijelaskan manfaat dan khasiat serta cara pemakain dari akar pasak bumi tersebut. Berikut penjelasan mengenai tanaman legendaris ini.

Asal Usul Pasak Bumi

l

Tongkat Ali atau yang lebih kita kenal dengan nama Pasak Bumi atau istilah latinnya “Eurycoma Longifolia” adalah tumbuhan sejenis pohon yang hanya tumbuh di Hutan Hujan Tropis seperti di Indonesia dan Malaysia. Pasak Bumi dapat mencapai ketinggian sehingga 10 meter di dalam rimbunan hutan tanah rendah.

Biasanya, daunnya rimbun pada ujung batang. Kebanyakan pohon ini tidak bercabang, jika bercabang pun terlalu sedikit yaitu satu atau dua cabang saja. Bunganya tersusun padat pada tangkai yang bercabang, yang keluar dari pangkal daun.

Pasak Bumi telah terkenal di bumi Kalimantan sejak jaman dahulu sebagai obat kuat bagi kaum adam. Tanaman bernama latin Eurycoma Longifolia ini tumbuh subur di hutan pedalaman Kalimantan. Di negeri jiran (Malaysia) Pasak Bumi dikenal dengan sebutan Tongkat Ali.

Akar pasak bumi oleh Suku Dayak (suku asli kalimantan) juga diyakini memiliki berbagai macam khasiat. Dari dahulu hingga sekarang keyakinan itu tetap terjaga sebagai warisan leluhur.

Hal ini dikuatkan dengan berbagai macam penelitian yang menguak kandungan dalam akar pasak bumi. Kandungan ekstrak ethanolic dalam pasak bumi dapat menambah jumlah hormon testosteron pria. Ethanolic merangsang hormon chorionic gonadotropin (HCG) hingga dapat membantu terbentuknya hormon testosteron.

Akar tanaman ini juga mengandung brusin dan strichnin yang berkhasiat menambah vitalitas pria karena bersifat afrodisiaka. Yaitu ramuan tradisional yang diklaim bisa merangsang libido.

Berdasarkan penelitian, tumbuhan afrodisiaka mengandung senyawa turunan saponin, alkaloid, tanin dan senyawa lain yang secara fisiologis dapat melancarkan peredaran darah pada sistem saraf pusat atau sirkulasi darah tepi. Efeknya meningkatkan sirkulasi darah pada alat kelamin pria.

Namun penelitian yang dilakukan baru pada tahap kandungan afrodisiaka. Belum sampai efektivitas afrodisiaka terhadap pengobatan disfungsi ereksi. Tapi afrodisiaka relatif lebih aman dibandingkan obat kimia. Sebab sifatnya memupuk dan menyirami, tidak memaksa seperti obat-obatan kimia.

Khasiat Pasak Bumi

p

Akar pasak bumi diklaim dapat bermanfaat meningkatkan hormon testosteron. Selain tongkat ali, pasak bumi juga punya nama lain seperti longjack, Viagra Asia dan sebagainya. Akar pasak bumi sudah banyak digunakan sebagai obat tradisional di berbagai negara di kawasan Asia sebagai zat perangsang.

Selain itu, pasak bumi juga digunakan untuk meningkatkan kesuburan, stamina seksual dan libido. Di samping itu, kandungan zat yang ada dalam pasak bumi juga bisa dimanfaatkan sebagai suplemen pembangun otot. Hal ini karena peningkatan kadar hormon testosteron mengarah pada peningkatan massa otot.

1. Tak hanya bikin “tahan lama”, pasak bumi bisa mengatasi disfungsi seksual

Tanaman herbal yang banyak ditemukan di daerah Asia ini telah terbukti dapat meningkatkan libido dan gairah seksual pria. Maka tak jarang ekstrak tanaman herbal ini dijadikan sebagai obat kuat untuk menolong para pria yang bermasalah dengan kesuburannya dan pria yang mengalami disfungsi ereksi.

Hal ini telah dibuktikan dalam studi yang diterbitkan dalam Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine. Pada studi tersebut, ditemukan kalau sebanyak 109 pria yang menjadi respondennya terbukti mengalami peningkatan gairah seksual, masalah impotensi teratasi, jumlah air mani dan kualitas sperma semakin baik.

2. Bisa membantu pria yang tidak subur

Sebuah penelitian telah membuktikan kalau ekstrak pasak bumi mampu membantu pria yang mengalami masalah kesuburan. Penelitian yang diterbitkan dalam Asian Journal of Andrology pada tahun 2010 ini menyatakan kalau pria yang tidak subur yang diberikan sebanyak 200 mg ekstrak pasak bumi selama 3-9 bulan, mengalami peningkatan jumlah sperma, air mani bahkan kualitas sperma lebih baik dari sebelumnya.

3. Meningkatkan energi

Pasak bumi adalah obat herbal yang terbukti bisa meningkatkan energi dan vitalitas pria sehingga bisa lebih tahan lama di atas ranjang. Pasak bumi dapat meningkatkan aliran darah ke penis, mengatasi disfungsi ereksi, sekaligus membantu meningkatkan produksi sperma dan memperbaiki kualitasnya.

4. Bisa turunkan kadar stres

Apakah Anda mudah merasa stres? Mungkin Anda bisa mencoba untuk mengonsumsi ekstrak pasak bumi. Pasalnya, dalam Journal of the Interational Society of Sports Nutrition, disebutkan kalau sebanyak 63 orang yang mengonsumsi suplemen herbal ini memiliki tingkat stres yang lebih stabil. Di akhir penelitian diketahui kalau tongkat ali ternyata menurunkan hormon penyebab stres dan meningkatkan hormon anti stres.

5. Membantu membentuk dan membesarkan otot

Bisa dibilang, pasak bumi adalah tanaman herbal yang dapat memenuhi kebutuhan seorang pria. Sebab, tanaman herbal ini ternyata juga bisa membantu Anda untuk mendapatkan otot yang besar dan berbentuk.

Meski begitu, Anda tetap harus melakukan olahraga berat serta menerapkan pola makan yang sehat, namun pasak bumi dapat meningkatkan energi, vitalitas dan kekuatan fisik pria, sehingga lebih mudah untuk Anda mendapatkan otot yang kuat, besar serta terbentuk.

Penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine, mengungkapkan kalau konsumsi 100 mg ekstrak pasak bumi per hari, selama 5 minggu berturut-turut, dapat meningkatkan massa otot para atlet yang sedang menjalani training.

6. Meningkatkan libido alias gairah seksual pria

Jika Anda memiliki masalah dengan nafsu seks yang rendah, ekstrak tumbuhan pasak bumi juga bisa jadi solusinya. Penelitian yang dilakukan oleh School of Pharmaceutical Sciences, University of Science Malaysia, menemukan bahwa tumbuhan ini berhasil meningkatkan libido pada pria, bahkan tanpa perlu rangsangan seksual secara fisik.

7. Mencegah penuaan dini pada pria

Tongkat ali juga punya kemampuan untuk mencegah penuaan dini pada pria. Hal ii ditunjukkan pada sebuah penelitian yang menyatakan ekstrak tongkat ali sebanyak 200 mg per hari, bisa mencegah penurunan testosteron pada pria yang dewasa. Penurunan testosteron adalah salah satu hal yang akan dialami pria ketika ia bertambah usia dan kondisi ini akan memengaruhi kehidupan seksualnya.

Cara Pemakaian Pasak Bumi

33

Manfaat pasak bumi ini memang tak perlu diragukan lagi jika berkaitan dengan masalah kejantanan pria. Jika tanaman herbal saja bisa diambil manfaatnya mengapa harus menggunakan obat-obatan kimia. Terlepas dari manfaat pasak bumi, rasanya tak lengkap jika kita tidak mengetahui cara penggunaan akar pasak bumi ini. Inilah cara pemakaian dari akar pasak bumi untuk penambah stamina bagi pria adalah sebagai berikut:

  • Cara Pertama adalah dengan merebus akar pasak bumi bersama dengan air 200 ml dengan api sedang sampai mendidih dan sampai air surut menjadi 150 ml. Lalu minumlah air hasil rebusan akar pasak bumi tersebut sehari sekali. Ingat jangan berlebih karena sesuatu yang berlebihan terkadang malah tidak bagus untuk tubuh kita.
  • Cara Kedua adalah dengan merendamnya. Rendam akar pasak bumi dalam air yang masih panas dalam kurun waktu satu atau satu setengah jam. Baru bisa diminum airnya tersebut dengan dosis sehari sekali saja jangan banyak-banyak ntar malah repot lagi.
  • Cara Terakhir adalah dengan menjadikan akar pasak bumi menjadi serbuk dengan cara di ekstrak dan di haluskan tanpa menghilangkan khasiatnya sehingga memudahkan kita sebagai campuran dalam minum kopi. Dengan mengkonsumsi kopi bercampur serbuk akar pasak bumi ini moga-moga saja stamina dan kesehatan kita selalu terjaga.

Efek Samping Pasak Bumi

h

Pasak bumi dapat memiliki potensi untuk merusak jaringan hati dan ginjal serta jaringan tubuh lain jika dikonsumsi secara tidak benar dan tidak sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh terapis. Berikut ini efek samping lainnya:

  • Pasak bumi jika dikonsumsi secara berlebihan maka dapat berubah menjadi racun yang dapat mengakibatkan keracunan yang diawali mual dan muntah-muntah yang pada akhirnya dapat merusak organ tubuh terutama hati dan ginjal serta peradangan diseputar kandung kemih
  • Tidak boleh mengkonsumsi pasak bumi dalam jangka panjang karena dapat mengakibatkan peradangan, pembengkakan dan perusakan dijaringan hati dan menyebabkan ginjal menjadi bengkak dan berwarna lebih gelap, pucat dan pekat.
  • Pasak bumi tidak boleh digabungkan dengan herbal lain seperti mahkota dewa, kaca beling, sambiloto dan lain lain karena akan menghilangkan khasiat pasak bumi itu sendiri dan memicu terjadi kerusakan pada jaringan tubuh terutama jaringan hati, ginjal dan mengahambat peredaran darah.
  • Pasak bumi tidak dianjurkan dikonsumsi oleh anak anak yang belum berusia 18 tahun karena pada dasarnya senyawa yang ada pada pasak bumi tidak cocok bagi pertumbuhan dan perkembangan bagi orang orang yang masih dibawah umur.
  • Air pasak bumi sebaiknya tidak disimpan dalam lemari es (Kulkas) apalagi dalam keadaan panas, karena akan mengurangi khasiatnya dalam hitungan menit, pasak bumi sangat baik jika dikonsumsi tidak lebih dari 3 jam setelah direbus atau diseduh, karena pada saat itulah khasiat unggulnya dapat segera dirasakan.
  • Mengkonsumsi pasak bumi sebaiknya tidak setelah atau akan melakukan olahraga, karena organ tubuh akan bekerja lebih keras untuk mengolah senyawa yang ada didalamnya, sedangkan waktu terbaik untuk prosesnya dilakukan seharusnya pada saat seseorang dalam keadaan tenang atau tidak sedang melakukan aktifitas gerak yang membutuhkan banyak energi seperti olahraga, hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya iritasi pada lambung, usus , ginjal atau jaringan tubuh lain.
  • Mengkonsumsi pasak bumi disarakan tidak ditambahkan gula atau madu atau apa saja yang dapat menetralkan rasa pahitnya, karena khasiat dari pasak bumi akan berkurang dan bahkan tidak akan bermanfaat dengan maksimal bagi kesehatan tubuh .
  • Jangan mengkonsumsi langsung pasak bumi yang belum mendapat olahan berupa perebusan atau penyeduhan kecuali pada cangkir pasak bumi, karena senyawa dari pasak bumi yang masih berbentuk seperti akar layaknya bentuk gingseng justru mudah mengiritasi organ tubuh dan akan menyebabkan munculnya keluhan kesehatan .
  • Mengonsumsi pasak bumi sebaiknya untuk pengobatan bagi pria yang mengalami keluhan bukan pada pria dewasa yang sehat yang tidak mempunyai keluhan apapun tentang reproduksi , gairah seksual, ejakulasi dini atau tentang kesuburannya. Namun untuk mencegah munculnya serangan ejakulasi dini atau masalah kesehatan reproduksi pria mengkonsumsi pasak bumi yang dicampurkan minuman kopi tidak dilarang asalkan masih dalam batas kewajaran (tidak setiap hari).

Sejatinya Tuhan telah menciptakan Alam dan isinya sebagai pendamping dan sebagai pencukup kebutuhan manusia, jadi utamakanlah hasil-hasil alam sebagai obat alami bagi kesehatan manusia dengan tidak lupa selalu menjaga dan melestarikannya untuk kelangsungan makhluk hidup kedepannya. Karena, berbagi itu indah.