Home Kesehatan Apakah Payudara Kamu Besar Sebelah? Segera Atasi Dengan Cara Ini
Apakah Payudara Kamu Besar Sebelah? Segera Atasi Dengan Cara Ini

Apakah Payudara Kamu Besar Sebelah? Segera Atasi Dengan Cara Ini

0

Kalian pernah dengar lirik lagu yang seperti ini gak, “Aku lah makhluk Tuhan yang tercipta yang paling sexy“. Yap, lirik lagu tersebut di nyanyikan oleh salah satu eks dari Ratu yaitu Mulan Jameela. Tapi, bukan lagu yang dinyanyikan oleh Mulan tadi yang akan kami bahas disini melainkan salah satu bagian paling sexy dari wanita. Apa itu?

Nah, berbicara soal wanita neh ya guys, selain rambut mereka yang sering di bilang sebagai mahkota-nya perempuan, ternyata ada satu lagi yang harus kalian tahu tentang mahkotanya mereka. Kira-kira apa ya?

Pasti kalian semua setuju kan kalau kami bilang payudara adalah mahkota kedua mereka setelah rambut. Ya, karena semakin besar payudara mereka maka akan membuat mereka semakin percaya diri. Benar kan, Ladies?

Namun, tidak semua wanita memiliki payudara yang terbilang woow itu. Ada juga beberapa wanita yang meliki ukurang sangat besar, sedang bahkan sangat kecil. Lalu, bagaimana dengan ukuran dada yang berbeda antara satu dengan yang lainnya?

Ukuran payudara besar sebelah adalah kekhawatiran umum yang menyelimuti banyak perempuan, termasuk remaja dan wanita dewasa. Yang tidak banyak orang tahu, sepasang payudara tidak harus selalu berukuran sama persis seperti yang Anda pikirkan selama ini.

Payudara besar sebelah atau dikenal dengan payudara asimetris adalah kondisi ketika sepasang payudara wanita memiliki perbedaan dalam ukuran, juga bentuk, posisi, atau volume kedua payudara.

Pada umumnya, payudara asimetris akan tampak lebih menonjol perbedaannya selama masa puber dan pada akhirnya dapat menyeimbangkan kedua ukuran dengan sendirinya. Namun, hingga 25 persen wanita melaporkan perbedaan ukuran dua payudara tersebut terus menetap sepanjang hidupnya.

Lebih dari setengah dari populasi wanita di dunia memiliki sepasang payudara yang besar sebelah. Biasanya, payudara kiri akan lebih besar hingga 20 persen daripada sisi kanan. Hanya sedikit wanita yang memiliki payudara simetris dengan dua ukuran yang sama persis.

Pada kesempatan kali kali ini akan kami beritahu pada kalian semua kenapa ukuran payudara wanita ada yang besar sebelah. Apakah ada penyebab yang mendasarinya? Langsung aja kita simak yuk.

Kenapa Payudara Bisa Besar Sebelah?

kk

Setiap diskusi tentang ukuran atau bentuk payudara wanita memerlukan beberapa pemahaman dasar tentang anatomi payudara itu sendiri. Payudara adalah kelenjar lemak yang terletak di bagian depan dinding dada.

Berat rata-rata satu payudara bisa mencapai 200-300 gram dan pada dasarnya terbentuk dari 12 hingga 20 lobus yang tersebar dari puting, layaknya jari-jari kerangka roda sepeda.

Lobus-lobus ini berbentuk segitiga yang masing-masingnya memiliki satu saluran sentral yang berujung di puting, sebagai tempat di mana ASI mengalir keluar.

Jaringan payudara Anda berubah sesuai dengan siklus payudara Anda. Misalnya, Anda mungkin sering memperhatikan bahwa payudara Anda terasa lebih penuh dan kencang, juga lebih sensitif, ketika Anda sedang dalam masa ovulasi (proses pelepasan ovum atau sel telur dari ovarium (indung telur).

Nyatanya, payudara memang dapat membesar akibat penyimpanan air dan tambahan sirkulasi darah ke payudara. Akan tetapi, hal ini juga terjadi saat kedua payudara berada di ukuran yang sama.

Satu studi menemukan bahwa payudara akan tampak paling tidak asimetris pada hari pertama ovulasi. Selama periode menstruasi, payudara akan kembali mengempis.

Alasan mengapa ukuran dua payudara bisa lebih besar sebelah tidak diketahui secara pasti, namun faktor penentu yang paling mungkin termasuk perubahan hormon estrogen atau cedera traumatik.

Perlukah Memeriksakan Payudara Besar Sebelah ke Dokter

l

Jika perbedaan kedua payudara tampak sangat signifikan, hingga dua cup lebih besar atau dua kali lipat lebih besar daripada sisi yang lain, hal ini dapat menyebabkan beberapa gangguan psikologis, terutama selama masa remaja, saat tubuh dan jiwa seorang wanita muda telah mengalami begitu banyak perubahan dengan sangat cepat.

Kondisi medis sangat langka ini disebut dengan Juvenil Hipertrofi (JHB), di mana salah satu payudara tumbuh membesar luar biasa dibanding dengan sisi lainnya.

Dalam kasus di mana payudara asimetris menyebabkan beban fisik dan psikologis berat sehingga dokter menyarankan untuk melakukan operasi, namun ada baiknya untuk dibicarakan terlebih dulu dengan spesialis bedah plastik payudara untuk menjalankan prosedur pengurangan massa payudara (Breast Reduction Surgery) daripada menggunakan implan.

Studi menemukan bahwa wanita pemilik payudara besar sebelah yang menjalani prosedur pengurangan melaporkan kepuasan yang lebih dibandingkan mereka yang memilih implan.

Umumnya, sedikit perbedaan dalam payudara di hari-hari normal tidak memerlukan perhatian khusus. Cukup pastikan Anda memilih bra dengan cup yang pas dengan sisi payudara Anda yang lebih besar dan Anda bisa menyiasati “kekosongan” di sisi lainnya dengan bantuan bantalan bra untuk memenuhi cup bra tersebut.

Penyebab Payudara Besar Sebelah

o

Jika melihat kebanyakan wanita memiliki bentuk dan ukuran payudara yang berbeda-beda. Mereka menganggap ukuran payudara normal adalah bra cup B sehingga ada beberapa dari wanita melakukan sesuatu untuk membuat payudara tampak normal.

Namun bukan hal ini yang membuat payudara tampak normal. sebenarnya ukuran dan bentuk payudara yang berbeda-beda disebabkan oleh beberapa faktor alami keadaan dalam tubuh kita. Apa saja itu?

  • Genetika – Faktor keturunan memiliki pengaruh terhadap ukuran dan bentuk payudara seseorang. Kebanyakan hal ini karena keturunan ibu namun ada juga yang payudaranya tidak menurun dari gen ibu tapi juga dari gen keluarga si ayah.
  • Hormon Estrogen – Hormon estrogen paling mempengaruhi perkembangan payudara seseorang. Selain itu juga ada progesteron, hormone prolaktin dan pertumbuhan yang bekerja saat payudara berkembang di masa puber. Jika keempat hormone ini berfungsi dengan baik, kualitas ASI yang dihasilkan nantinya juga akan baik.
  • Ras – Kebanyakan wanita Asia memiliki ukuran payudara lebih kecil dari pada wanita Eropa. Hanya saja ini bukanlah standar utama.
  • Ukuran dan Berat Tubuh– Ukuran dan bentuk payudara akan selalu mengikuti ukuran tubuh seseorang. Jika ia bertubuh gemuk maka payudaranya juga akan gemuk, sedangkan orang yang kurus biasanya payudara juga kurus. Jika orang tersebut sedang diet maka payudaranya juga akan menyusut. Hal ini juga berlaku juga pada berat tubuh seseorang. Meskipun berat badan menurun dan payudara juga ikut menyusut, payudara akan kembali ke bentuk aslinya.
  • Gizi – Normalnya payudara berukuran cup 34b hingga 34c. Ukuran tersebut juga akan berubah berdasarkan tingkat gizi dan pola makan seseorang. Payudara seseorang akan berkembang baik dan sehat jika ia banyak mengkonsumsi makanan sehat, lebih sering sayuran daripada daging.
  • Menstruasi – Menjelang menstruasi, ukuran payudara akan membesar sampai berakhirnya siklus menstruasi. Biasanya perubahan bentuknya ada di puting, dan payudara terasa kencang, nyeri dan padat.
  • Kehamilan dan Menyusui – Masa kehamilan seorang wanita akan mempengaruhi jumlah hormon estrogen pada tubuh dan biasanya tidak hanya rahim yang membesar namun juga payudaranya. Biasanya perubahan paling jelas pada usia kehamilan trimester pertama. Begitu juga dengan masa menyusui ada peningkatan volume payudara karena tubuh mengubah makanan bergizi menjadi hormon estrogen untuk ASI si bayi.
  • Penyakit – Seseorang yang mengalami suatu penyakit tertentu akan mengalami perubahan payudara, bisa lebih kecil atau lebih besar. Biasanya untuk menentukan perubahannya menggunakan skala Tanner.
  • Usia – Usia seseorang juga akan mempengaruhi ukuran dan bentuk payudaranya. Di masa puber, payudara juga mengalami pertumbuhan, jika dibarengi dengan gizi yang baik dan bebera faktor lain maka payudara akan meningkat volumenya lebih cepat. Namun saat usia mulai menua, payudara juga akan mengalami penyusutan karena otot ligament di sekitar payudara sudah berkurang fungsinya.
  • Olahraga – Karena aktivitas olahraga yang terlalu sering, terutama pada latihan otot dada, terapi ayurvedic, yoga akan mengencangkan payudara dan ukuran serta bentuk payudara juga akan berubah.

Cara Mengatasi Payudara Besar Sebelah

ooo

Perlu diketahui bahwa apapun yang menjadi masalah atau penyebab payudara yang besar sebelah, ada berbagai cara juga untuk mengatasinya apabila memang menjadi suatu kekhawatiran yaitu melalui cara medis dan bisa juga memaki cara non medis.

Cara Medis

Cara medis yang dilakukan untuk menangani kasus payudara besar sebelah sudah banyak diterapkan oleh sebagian orang. Bagi wanita khususnya, penampilan payudara yang besar sebelah tentu membuat rasa percaya diri menurun dan mengganggu penampilanya.

Oleh sebab itu, beberapa diantara mereka justru memilih untuk mengatasi payudara besar sebelah tersebut dengan cara instan seperti suntikan silicon, pemasangan implant dan sejenisnya.

Cara yang tergolong instan tersebut wajar saja dilakukan terutama mengingat perkembangan teknologi medis yang ada saat ini bisa dinilai aman. Akan tetapi, hal tersebut tentu saja masih menimbulkan risiko lainnya seperti infeksi, alergi, atau peradangan pada payudara yang tentu akan berakibat fatal jika dibiarkan saja.

Penanganan medis terkait penyakit tertentu seperti tumor, kanker dan kista membutuhkan jenis penanganan serius seperti kemoterapi, radioterapi atau sejenisnya.

Bahkan jika diperlukan, operasi pembedahan oleh tim medis terkait penyakit kanker payudara bisa dilakukan dengan pengangkatan payudara tersebut.

Penanganan medis semacam ini hanya diperuntukan bagi pasien kanker atau tumor ganas dan kista yang memang membutuhkan tindakan medis serius untuk penyembuhannya.

Cara Non Medis

Selain cara medis, alangkah baiknya mengatasi payudara besar sebelah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang tentu lebih terasa manfaatnya dan aman untuk digunakan. Akan tetapi, anjuran ini hanya bagi anda yang mengalami pembesaran payudara bukan karena penyakit kronis ya. Beberapa tips berikut bisa anda lakukan di rumah untuk mengembalikan bentuk payudara anda yang besar sebelah. Yuk disimak!

1. Ubi Gembili

Ubi gembili merupakan salah satu bahan yang bisa digunakan untuk mengatasi payudara yang besar sebelah. Gembili adalah jenis umbi-umbian yang biasa di tanam di persawahan biasa.

Anda bisa mengupas ubi gembili yang berusia kurang dari satu tahun (tidak terlalu keras) kemudian parut hingga halus. Selanjutnya, tempelkan pada bagian payudara yang besar tadi kecuali area puting. Diamkan selama lebih kurang satu jam dan lakukan secara rutin untuk mendapatkan bentuk payudara seperti semula.

2. Daun Katuk

Daun katuk disarankan khusus bagi anda yang sedang menyusui. Payudara besar sebelah karena akibat dari menyusui membutuhkan suplemen alami. Hal tersebut bisa didapatkan dengan memanfaatkan daun katuk.

Daun katuk sudah dikenal seantero nusantara karena khasiatnya yang mampu meredakan penyumbatan ASI serta membantu mengembalikan bentuk payudara yang asimetris karena menyusui.

3. Daun Kubis

Daun kubis adalah bahan yang mudah didapatkan di dapur kita bukan? Mengapa tidak coba memanfaatkan jenis sayuran ini? Kubis mengandung polifenol dan gas yang berperan dalam pembentukan senyawa antioksidan.

Oleh sebab itu anda bisa menggunakannya sebagai pengganti bra selama beberapa saat. Langkahnya, siapkan daun kubis bagian dalam dan cuci bersih. Kemudian taruh dalam frezer atau lemari es dalam suhu dingin.

Potong daun kubis sesuai ukuran bra dan gunakan untuk menutup payudara anda selama 15 menit. Terapi ini aman dilakukan setiap hari untuk menjaga kestabilan hormonal tubuh terutama terkait payudara yang besar tersebut.

4. Buah Pala

Buah pala ternyata tidak hanya bermanfaat untuk melezatkan masakan saja. Jenis buah yang memiliki rasa pahit ini juga berfungsi untuk meningkatan sirkulasi darah.

Bagi yang mengalami bentuk payudara besar sebelah, disarankan untuk mengonsumsi buah pala dalam bentuk herbal dengan cara direbus kemudian diminum airnya.

Bisa juga bagi anda yang enggan dengan rasa pahit, maka haluskan biji pala yang sudah dikupas kulitnya. Rendam dalam air kemudian oleskan dengan minyak kelapa pada payudara yang besar tadi.

Sekian artikel kami untuk kali ini mengenai payudara yang memiliki ukuran lebih besar dari sisi lainnya. Semoga dapat bermanfaat bagi kalian yang telah membacanya. Terima kasih