Home Info Lidah Sering Gatal Setelah Makan Nanas? Lakukan Cara Ini Untuk Menghindarinya
Lidah Sering Gatal Setelah Makan Nanas? Lakukan Cara Ini Untuk Menghindarinya

Lidah Sering Gatal Setelah Makan Nanas? Lakukan Cara Ini Untuk Menghindarinya

0

Pernahkah anda ketika makan nanas lidah terasa gatal? Pasti pernah kan! Mungkin setiap orang pernah merasakannya karena kondisi lidah gatal saat makan nanas ini adalah hal yang lumrah dan biasa orang menyebutnya dengan nama “lidas”. Lidah yang terasa gatal saat makan nanas ini bukan menjadi suatu penyakit, namun dikarenakan ada sejumlah alasan tertentu kenapa lidah seringkali gatal saat makan nanas.

Nanas pada dasarnya merupakan jenis buah-buahan tropis yang memiliki banyak kandungan gizi di dalamnya. Buah nanas ini baik dikomsumsi untuk mendukung kesehatan tubuh agar lebih baik. Namun, karena banyak orang yang merasa lidahnya gatal setelah makan nanas inilah yang membuat banyak orang tidak terlalu menggemari buah nanas. Mereka lebih menjadikan nanas sebagai minuman dan makanan lezat seperti selai dan minuman buah lainnya.

Jadi, apa yang membuat lidah menjadi gatal ketika makan nanas? Apakah ada cara agar tidak terasa gatal saat makan buah yang seperti mahkota ini? Tanpa panjang lebar alangkah baiknya anda baca artikel ini sampai selesai.

Apa penyebab lidah gatal setelah makan nanas?

222

Dalang di balik keluhan lidah yang terasa gatal setelah makan nanas adalah enzim alami yang disebut bromelain. Bromelain bekerja memecah protein dalam tubuh, termasuk protein kolagen yang terdapat dalam jaringan lidah, bibir dan pipi bagian dalam. Efek dari bromelain inilah yang kemudian menimbulkan rasa gatal. Selain gatal, lidah mungkin juga sedikit membengkak setelah makan nanas.

Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir. Begitu Anda mengunyah dan menelannya, air liur dan asam lambung akan bekerja menetralisir bromelain serta memproduksi kembali protein dan asam amino dalam tubuh sehingga rasa gatal ini tidak akan bertahan lama.

Enzim bromelain itu sendiri sebenarnya baik untuk kesehatan tubuh. Sifat antiperadangan bromelain berperan memperbaiki kerusakan sel akibat infeksi bakteri dan membantu meningkatkan daya tahan tubuh jadi lebih baik. Sifat antiperadangan bromelain juga dapat mengurangi risiko kanker usus besar karena membantu pertumbuhan bakteri baik dalam usus. Enzim bromelain yang bekerja cepat memecah protein dapat mengurangi gejala sembelit dan rasa mual setelah makan.

Mencegah lidah gatal setelah makan nanas

8

Kalau Anda termasuk penggemar nanas tapi malas makan nanas karena rasa gatalnya bikin tidak nyaman, cobalah mengonsumsi hanya daging bagian terluarnya saja. Enzim bromelain penyebab lidah gatal terdapat di seluruh bagian buah nanas, namun paling banyak terdapat di bagian tengah buah.

Cara lainnya untuk mencegah lidah gatal setelah makan nanas adalah dengan melumuri seluruh permukaan dagingnya tipis-tipis dengan garam, diamkan sebentar lalu bilas dengan air bersih. Mengolah nanas menjadi jus, smoothies atau dicampurkan ke dalam yogurt juga dipercaya mampu menghilangkan rasa gatal yang ditimbulkan.

Memanaskan atau memanggang nanas juga dapat mengurangi enzim bromelain dan menggantinya dengan kandungan gula yang lebih banyak karena efek karamelisasi.

Itulah tadi sekilas tentang nanas yang dibalik rasa gatal ketika memakannya, ada juga manfaat yang tersimpan di dalamnya yang mungkin masih banyak yang belum tahu. Banyak penyakit yang diduga dapat dicegah berkat buah nanas ini. Tidak ada salahnya untuk memasukkan buah ini ke dalam menu diet Anda sehari-hari demi mendapatkan manfaat buah nanas secara maksimal.

Khasiat dan manfaat buah nanas

Meskipun memiliki rasa yang agak asam dan ada sensasi menyengat di lidah, namun buah yang satu ini tidak ketinggalan penggemar. Ternyata, buah ini memiliki banyak manfaat dan khasiat yang mungkin belum kamu ketahui, antara lain sebagai berikut:

  • Membantu perncernaan dan mempercepat penyebuhan pasien sebelum dan sesudah menjalani operasi.
  • Berfungsi sebagai pembersih tubuh dan mengibangi kadar keasaaman dalam darah.
  • Memperkuat sistem imun dalam tubuh, memperkuat otot jantung dan memperlambat penuaan dini.
  • Dapat meningkatkan protein dalam tubuh dan mampu mengurangi dehidrasi.
  • Mengurangi stres.
  • Mampu mengangkat sel kulit mati.
  • Menurunkan berat badan.
  • Dapat mengobati radang tenggorokan.
  • Mengobati rasa kembung perut.
  • Menyembuhkan radang kulit.
  • Mengatasi ketombe.
  • Mencegah tekanan darah tinggi.
  • Kaya akan vitamin C.
  • Menjaga kesehatan gigi.
  • Melancarkan pencernaan.
  • Menjaga kesehatan kulit.

Untuk para remaja yang gemar makan nanas, buah ini dapat meningkatkan pembentukan sel tulang. Sedangkan untukpara orang tua akan berfungsi untuk menguatkan gigi dan gusi anda. Jika kesehatan gusi tidak terganggu makan kesehatan gigi pun juga demikian. Oleh karena itu, konsumsilah buah bersisik ini secara rutin karena memang memiliki manfaat yang tidak dapat dihitung banyaknya untuk menjaga keshatan anda dan keluarga anda.

Kandungan gizi yang dimiliki nanas

9

Nanas kaya akan vitamin A dan C yang bersifat antioksidan. Selain itu juga mengandung kalsium, fosfor, magnesium, mangan, zat besi, thiamin, natrium, kalium, gula buah (sukrosa) serta enzim bromelain, suatu enzim protese yang bekerja sebagai pemecah protein. Nanas juga mengandung cukup banyak serat. Antara lain nilai gizi yang dimiliki nanas adalah:

  • Mengandung Vitamin A dan C sebagai antioksidan.
  • Kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium, kalium, dekstrosa, sukrosa.
  • Bromelain diketahui berkhasiat sebagai anti radang, membantu melunakkan makanan di lambung, serta menghambat pertumbuhan sel kanker.
  • Aspartic acid yang berfungsi sebagai asam amino di dalam tubuh sehingga membantu proses metabolisme tubuh. Asam ini juga membantu membuang asam amonia di dalam tubuh, yang merupakan racun berbahaya bagi sistem saraf pusat. Kandungan serat pada buah nanas juga dapat mempermudah buang air besar pada penderita sembelit. Penelitian bahkan menyebutkan nanas mempunyai asam amino esensial dan non esensial untuk membantu memperkuat sistem imun dalam tubuh, mengatasi kelelahan dan meningkatkan stamina dan energi.