Home Info Kenapa Bosan Dapat Menyebabkan Kantuk? Berikut Penjelasannya
Kenapa Bosan Dapat Menyebabkan Kantuk? Berikut Penjelasannya

Kenapa Bosan Dapat Menyebabkan Kantuk? Berikut Penjelasannya

0

Hallo guys, gimana kabar kalina hati ini, mudah-mudah sehat ya. Kali ini saya akan membahas mengenai artikel yang berisi tentang kenapa rasa bosan membuat anda jadi mengantuk.

Pasti kalian dalam satu hari saja sering mengalami yang namanya bosan kan. Contoh kecilnya seperti menunggu seseorang, kita merasa bosan karena orang yang kita tunggu terlalu lama, mendengarkan guru berpidato atau sedang menerangkan materi pelajarn pasti ada siswa yang merasa bosan dan akhirnya mengantuk.

Mengantuk adalah sebuah keinginan diri kita untuk segera tidur, yaitu sebuah kondisi dimana tubuh kita memberikan sutu notifikasi atau pemberitahuan agar kita segera tidur. Jadi, ngantuk itu bisa di istilahkan sebagai warning system yang ada pada tubuh kita.

Melakukan segala sesuatu yang tidak kita sukai pasti akan timbul rasa malas dan bosan, lalu disaat sedang bosan apa yang kalian lakukan? Pasti jawaban kalian merasa ngantuk bukan, padahal saat sebelum bosan tidak ada rasa ngantuk sama sekali. Dan kalian pasti bertanya-tanya bukan, kok saat sedang bosan kita merasa ngantuk, Ini dia penjelasannya.

Apa itu Bosan

ii

Secara umum, bosan didefinisikan sebagai suatu emosi manusia yang merasakan hilangnya perasaan, kurang stimulasi atau hilangnya minat. Bahkan minat untuk hidup atau manusia ingin bunuh diri. Eh, nggak segitunya juga kali ya!

Kebanyakan orang berusaha mengatasi perasaan bosannya dengan cara mencari kegiatan atau kesibukan yang mungkin bisa menghilangkan kebosanan tersebut.

Namun, ternyata tidak semua rasa bosan dapat dihilangkan begitu saja dengan kesibukan baru. Hah? Memangnya bosan bermacam-macam? Menurut penelitian saya, bosan terbagi menjadi dua, yaitu:

Bosan Karena Jenuh – Biasanya bosan karena jenuh menerpa orang-orang yang memiliki rutinitas hidup yang tiap harinya gitu-gitu aja. Bangun, mandi, makan, kerja, pulang, makan, tidur dan bangun lagi.

Namun ada juga orang yang jenuh gara-gara mengerjakan suatu kegiatan terus-terusan tanpa tahu kapan waktu yang tepat untuk berhenti. Awalnya mungkin semangat banget tapi karena nggak sabar ingin mengakhiri kegiatan, ia pun merasa bosan.

Bosan Karena Kesepian – Bosan karena kesepian sering terjadi pada setiap orang namun biasanya cepat hilang sehingga orang tersebut lupa bahwa dia pernah mengalami kejadian bosan tersebut.

Bosan ini sering terjadi pada orang yang potensi sosialnya tinggi. Jadi, sedetik dia tidak berinteraksi dengan orang lain, bosan ini akan datang menemaninya.

Mengapa Kita Merasa Ngantuk Saat Bosan

ooo

Penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan dari Universitas Tsukuba di Jepang sepertinya bisa menjawabnya. Menurut mereka, salah satu bagian di otak depan manusia yang disebut Nurcleus Accumbens memiliki kemampuan yang sangat kuat untuk menginduksikan tidur.

Saat merasakan hal yang sangat menyenangkan dan produktif seperti makan, minum, bersosialisasi atau bahkan berhubungan seks, bagian otak depan ini akan melepaskan hormon bernama Dopamine yang membuat seseorang tetap terjaga dan tidak mengantuk sama sekali.

Tapi, ketika tidak ada rangsangan di dalam Nucleus Accumbens, contohnya saat berada pada situasi membosankan, maka bagian otak tersebut membuat tubuh sangat lelah dan akhirnya mengantuk.

Hal ini bisa terjadi meskipun sebelumnya Anda telah memiliki waktu tidur yang cukup. Jadi rasa kantuk ini tidak berhubungan dengan kurangnya jam tidur yang dimiliki.

“Rasa lelah bisa dipengaruhi oleh jam biologis tubuh, tapi rasa kantuk ingin tidur atau bahkan keinginan untuk bangun, juga dipengaruhi oleh faktor kognitif dan emosional seseorang,” kata penulis penelitian ini.

Cara Mengatasi Ngantuk Secara Mudah Dan Alami

oooo

Rasa kantuk yang melanda di waktu yang tidak tepat sebenarnya dapat disebabkan oleh beberapa hal. Beberapa diantaranya adalah kualitas tidur yang buruk, kurang darah (anemia) atau bisa juga karena pengaruh obat-obatan tertentu seperti obat sakit kepala, obat flu atau bisa juga jenis obat-obatan yang lainnya.

Sebenarnya ada beberapa tips dan cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi rasa kantuk di waktu yang tidak tepat. Berikut ini tips dan cara ampuh mengatasi mengantuk yang bisa Anda coba:

Memakan Cemilan Atau Mengunyah Permen Karet

Cara ampuh untuk mengatasi timbulnya rasa kantuk di waktu yang tidak tepat adalah dengan mengkonsumsi cemilan atau bisa juga dengan mengunyah permen karet.

Jenis cemilan yang baik dikonsumsi untuk menghilangkan rasa kantuk adalah jenis makanan ringan yang memiliki rasa pedas atau asin seperti keripik pedas, kacang, serta jenis makanan ringan yang lainnya.

Selain itu mengunyah permen karet saat kita sedang melakukan aktivitas juga ampuh untuk menghilangkan rasa kantuk yang timbul di waktu yang tidak tepat.

Mendengarkan musik

Mendengar musik bisa menjadi alternatif lainnya untuk menghindari rasa kantuk. Pilihlah musik yang membuat semangat kembali. Selain dapat membangkitkan semangat, musik juga dapat menenangkan pikiran.

Berdasarkan jurnal Ergonomics, terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa orang yang berlari di treadmill dengan mendengarkan musik dapat berlari lebih cepat dibanding yang tidak.

Mengatur Nafas

Berikutnya, cara yang juga ampuh untuk mengatasi kantuk adalah dengan mengatur nafas. Saat kita sedang menguap, sebenarnya kadar oksigen di dalam otak kita sedang berkurang.

Salah satu cara untuk menjaga kadar oksigen dalam tubuh adalah dengan mengatur nafas. Cobalah untuk menghirup nafas selama sekitar lima detik dan kemudian hembuskanlah secara perlahan. Kadar oksigen yang cukup di dalam otak akan mampu meningatkan konsentrasi sehingga rasa kantuk pun dapat teratasi.

Untuk mengatasi rasa kantuk saat sedang bosan atau menunggu, pakar kesehatan Yo Oishi yang terlibat dalam penelitian ini menyarankan kita untuk mengkonsumsi secangkir kopi atau teh.

Kandungan kafein di dalam minuman ini diharapkan bisa menurunkan rasa kantuk dan kita pun akan segera kembali bersemangat untuk melakukan hal lainnya. Hanya saja, jika memang sebelumnya kita mengalami kurang tidur, maka ada kemungkinan konsumsi kopi dan teh ini tidak akan memberikan efek yang lama dan kita pun akan kembali mengantuk.

Sekian untuk artikel kali ini semoga dapat bermanfaat bagi anda yang membacanya. Terima kasih