Home Info Inilah Ombak Paling Berbahaya Di Dunia, Berani Coba?
Inilah Ombak Paling Berbahaya Di Dunia, Berani Coba?

Inilah Ombak Paling Berbahaya Di Dunia, Berani Coba?

0

Bicara tentang pantai tidak lengkap jika tanpa ombak yang menjadi tujuan utama para peselancar datang kesana. Panta sendiri merupakan salah satu tempat paling indah di dunia.

Karena itu pantai seringkali dijadikan destinasi wisata bagi orang-orang untuk menikmati masa liburan bersama kelurga tercinta. Di pantai, kita bisa melakukan banyak hal seperti bermain pasir atau melakukan snorkling untuk melihat keindahan biota laut yang ada.

Selain kedua hal tadi, ada satu lagi yang tak kalah menyengkan jika kita datang ke pantai. Beberapa pantai tertentu yang memiliki ombak yang besar juga digunakan untuk beselancar oleh para surfer.

Pantai dengan ombak yang besar seperti ini seringkali menjadi tempat yang diburu oleh para surfer di seluruh dunia. Mereka biasanya rela datang kemanapun itu untuk menemukan pantai dengan ombak yang mereka idamkan, tak peduli meski pantai itu ada di tempat yang sangat terpencil sekalipun.

Pantai-pantai dengan ombak yang besar ini memang sangat menggiurkan bagi beberapa orang, namun ombak-ombak yang besar ini tak hanya dapat memberikan kesenangan bagi para surfer, karena di balik ombak yang menawan ini tersimpan pula bahaya yang siap mengintai mereka yang lengah.

Ombak yang amat besar ini tak jarang bahkan merenggut nyawa orang yang coba menaklukanya. Karena itu ombak-ombak ini bahkan beberapa diantaranya mendapatkan julukan sebagai ombak yang paling mematikan di dunia.

Nah, informasi tentang ombak-ombak paling berbahaya didunia inilah yang kali ini akan kami bagikan informasinya untuk anda semua. Berikut adalah nama pantai dengan ombak paling mematikan di dunia.

Pengertian Ombak

Ombak adalah gerakan naik turunnya air laut tanpa disertai dengan perpindahan massa airnya. Ada beberapa penyebab terjadinya gelombang laut, tetapi yang paling sering adalah karena adanya tiupan angin.

Gelombang laut atau yang biasa kita kenala dengan nama ombak memiliki dimensi berupa periode gelombang (T), panjang gelombang, Tinggi gelombang dan cepat rambat gelombang.

Gelombang laut ini merupakan fenomena penaikan dan penurunan air secara periodik yang dapat ditemukan di hampir seluruh pantai di seluruh dunia.

Gelombang laut terjadi berdasarkan prinsip fisika yaitu jika ada dua massa benda berbeda kerapatannya (densitas) bergesekan satu sama lain, maka ada bidang geraknya akan terbentuk gelombang.

Mekanisme Terjadinya Gelombang Laut

44

Amati gerak pelampung di dalam gambar animasi gelombang di atas. Perhatikan bahwa sebenarnya pelampung bergerak dalam suatu lingkaran (orbital) ketika gelombang bergerak naik dan turun.

Partikel air berada dalam satu tempat, bergerak di suatu lingkaran, naik dan turun dengan suatu gerakan kecil dari sisi satu kembali ke sisi semula.

Gerakan ini memberi gambaran suatu bentuk gelombang. Pelampung yang mengapung di air pindah ke pola yang sama, naik turun di suatu lingkaran yang lambat yang dibawa oleh pergerakan air.

Di bawah permukaan, gerakan berputar gelombang itu semakin mengecil. Ada gerak orbital yang mengecil seiring dengan kedalaman air, sehingga kemudian di dasar hanya akan meninggalkan suatu gerakan kecil mendatar dari sisi ke sisi yang disebut “surge”.

Perjalanan Gelombang Menuju Pantai

33

 

Ketinggian dan periode gelombang tergantung kepada panjang fetch pembangkitannya. Fetch adalah jarak perjalanan tempuh gelombang dari awal pembangkitannya.

Fetch ini dibatasi oleh bentuk daratan yang mengelilingi laut. Semakin panjang jarak fetchnya, maka ketinggian gelombangnya akan semakin besar.

Angin juga mempunyai pengaruh yang penting pada ketinggian gelombang. Angin yang lebih kuat akan menghasilkan gelombang yang lebih besar.

Gelombang yang menjalar dari laut dalam (deep water) menuju ke pantai akan mengalami perubahan bentuk karena adanya perubahan kedalaman laut.

Apabila gelombang bergerak mendekati pantai, pergerakan gelombang di bagian bawah yang berbatasan dengan dasar laut akan melambat. Ini adalah akibat dari friksi atau gesekan antara air dan dasar pantai.

Sementara itu, bagian atas gelombang di permukaan air akan terus melaju. Semakin menuju ke pantai, puncak gelombang akan semakin tajam dan lembahnya akan semakin datar. Fenomena ini yang menyebabkan gelombang tersebut kemudian pecah.

Ombak Paling Mematikan

Ombak memang sangat digemari oleh para peselancar di seluruh dunia. Terdapat tantangan tersendiri bagi peselancar dan suatu kepuasan jika berhasil menaklukannya karena jika mereka salah sedikit saja nyawa mereka akan jadi taruhannya.

Berikut nama pantai dengan ombak paling mematikan di dunia, antara lain sebagai berikut:

Pantai Esperance – Australia

66

Pantai Esperance merupakan salas satu surga bagi para surfer yang terletak di Australia Barat. Pantai yang hanya bisa diakses menggunakan perahu dengan menempuh perjalanan selama 7 jam dari kota Pert ini, memiliki sebuah ombak legendaris bernama “Cyclops.”

Sebuah ombak yang meiliki tinggi 7 kaki dan memiliki gulungan yang sangat kuat dan cepat. Selain ombaknya yang menantang, pantai ini juga menawarkan andrenalin ekstra dengan banyaknya terumbu karang tajam yang ada di bawah permukaan laut.

Perairan ini juga dihuni oleh banyak ikan hiu putih, karena itu selain harus waspada dengan terumbu karang dan gulungan ombak. Para surfer juga harus ekstra waspada dengan kemungkinan adanya bahaya dari ikan hiu.

Tapi, tetap yang menjadi ancaman terbesar di pantai ini adalah Cyclops, karena ombak ini merupakan yang paling mematikan dan tercatat telah merenggut banyak nyawa.

Pantai Cape Town – Afrika Selatan

55

Benua Afrika, khusunya di Afrika Selatan, sudah lama dikenal memiliki perairan yang berbahaya. Laut di Afrika dikenal memiliki ombak yang besar dan cenderung stabil sepanjang tahun.

Dan diantara banyaknya tempat yang memiliki ombak raksasa ini, pantai Cape Town bisa dibilang sebagai rajanya, karena di pantai ini terdapat sebuah ombak melegenda yang disebut “The Dungeons.”

Ombak ini disebut the dungeons (penjara bawah tanah), karena memiliki tinggi yang luar biasa hingga dapat membuat orang seolah terpenjara di dalamnya.

Namun, bukan hal itu saja yang membuat the dungeons menjadi ombak yang paling mematikan di dunia, tapi juga karena adanya puluhan hiu yang sering terlihat ikut tergulung bersama dengan ombaknya.

Kemunculan hiu ini juga bukan hal yang aneh karena perairan Afrika memang dikenal sebagai lautan yang paling banyak didiami oleh hiu di seluruh dunia. Terlebih lagi perairan disini sangatlah dingin yang menjadikanya semakin mematikan.

Pantai Teahupoo – Tahiti

444

Teahupoo merupakan nama sebuah desa kecil yang ada di wilayah sebelah selatan pulau Tahiti yang ada di gugusan Polenesia. Tempat ini sering disebut sebagai salah satu lautan yang paling menantang bagi para peselancar.

Selain ombaknya yang rata-rata memiliki ketinggian antara 2-3 meter, wilayah pantai Taehuppo juga dipenuhi dengan terumbu karang tajam yang bisa dengan mudah melukai tubuh para peselancar.

Namun anehnya, justru hal inilah yang membuat banyak orang tergila-gila dengan ombak yang ada di Taehupoo, karena dianggap menawarkan sensasi adrenalin yang tak tertandingi.

Sampai saat ini sendiri, hanya ada satu laporang orang yang meninggal karena gulungan ombak di Taehupoo, namun untuk urusan korban luka-luka sudah tak terhitung banyaknya. Jadi tak salah kalau menyebut ombak di Taehupoo sebagai salah satu yang paling mematikan didunia.

Mavericks – California

333

Maverisks merupakan sebuah perairan yang terletak di wilayah Segitiga Merah, California. Tempat ini mendapatkan reputasi sebagai salah satu perairan dengan ombak paling mematikan di dunia, tak hanya karena ombaknya yang besar, namun juga karena beberapa rekor lain yang menyeramkan.

Beberapa rekor tersebut diantaranya adalah laut di perairan ini yang terkenal sangat dingin, belum lagi tempat ini juga merupakan wilayah yang dihuni oleh banyak hiu putih besar.

Karena itu, Mavericks tak hanya berbahaya bagi para peselancar yang masih pemula, namun juga bagi mereka yang sudah pro sekalipun.

Perairan ini sendiri telah tercatat menelam banyak nyawa, dimana salah satunya adalah peselancar Sion Milosky yang tewas akibat tergulung ombak.

Ombak di wilayah Mavericks terkenal sangat ganas karena sangat besar dan mampu membuat seorang peselancar terjebak didalam air dalam waktu yang lama, hingga akhirnya tenggelam.

Waimea – Hawai

6666

Waimea merupakan pantai sekaligus teluk yang terletak di kepulauan Hawai. Waimea begitu populer dikalangan para peselancar karena dikenal memiliki ombak yang amat tinggi dan bisa mencapai 20 kaki (7 meter-) yang bergulung dengan liar.

Ombak ini tak hanya akan menguji nyali, namun juga membutuhkan skill tinggi untuk menaklukanya. Karena itu, biasanya hanya seorang peselancar yang sudah ahli saja yang bisa menaklukan ombak di Waimea.

Menurut laporan yang ada, korban pertama yang tewas akibat keganasan ombak Waimea terjadi pada tahun 1943 dan semenjak itu sudah tak terhitung lagi nyawa yang menghilang akibat gulungan ombak ganas yang ada di Waimea.

Puerto Escondido – Meksiko

56

Dikenal dengan banyak nama mulai dari Mexican Pipeline hingga La Muerte de Esco, Puerto Escondido merupakan spot untuk berselancar yang sangat terkenal di Meksiko.

Perairan ini dikenal memiliki ombak yang sangat ganas dan telah menewaskan banyak orang, baik itu turis maupun peselancar. Tak hanya memiliki ombak yang ganas, perairan ini menjadi begitu berbahaya juga karena adanya sebuah jurang bawah laut yang berukuran cukup dalam.

Jurang ini tentu akan sangat mematikan jika di kombinasikan dengan gulungan ombak yang ganas. Kebanyakan korban yang meninggal di perairan ini, biasanya terdorong kedalam jurang ini setelah ia tergulung ombak.

Kalau sudah begini, orang biasanya akan sulit untuk menyelamatkan diri karena sudah terlanjur terdorong ke wilayah laut yang dalam hingga tak bisa kembali kepermukaan dan meninggal.

Banzai Pipeline – Oahu

85

Terletak di wilayah sebelah utara pesisir pantai Oahu, Banzai Pipeline merupakan sebutan bagi ombak paling mematikan di dunia yang memegang rekor sebagai ombak dengan korban jiwa terbanyak di dunia.

Sudah tak terhitung lagi jumlah korban yang meninggal akibat ombak ini, baik itu peselancar maupun wisatawan biasa. Namun, yang aneh dari data jumlah korban yang ada, justru para peselancar profesional yang menjadi korban terbanyak.

Korban pertama dari Banzai Pipeline sendiri tercatat jatuh pada awal tahun 60-an. Saat melihat ombak ini, banyak orang yang merasa tertipu karena Banzai Pipeline sebenarnya bukan ombak yang memiliki ketinggian yang luar biasa.

Ombak yang ada diwilayah ini bahkan cenderung lebih rendah dari ombak di pantai lain. Hanya saja dibalik itu, Banzai Pipeline menyimpan ancaman yang jauh lebih tinggi karena ombak ini memiliki daya tekan yang amat kuat.

Ombak ini bisa muncul dari dalam laut Oahu yang tenang secara tiba-tiba karena dorongan kuat dari dasar laut. Dorongan inilah yang menghasilkan ombak dengan gulungan yang amat kuat.

Hal ini menyebabkan seorang peselancar yang jatuh saat menaiki Banzai Pipeline akan langsung terdorong ke dasar laut yang berkarang dengan sangat cepat.

Saat itulah, biasanya seorang peselancar akan mendapatkan cidera yang amat serius hingga berujung kematian. Faktor ini juga yang membuat banyak korban tak selamat setelah tergulung ombak di Oahu sekaliguS menjadikan ombak ini sebagai yang paling mematikan di dunia.

Itulah tadi pengertian ombak, mekanisme, perjalanannya menuju daratan serta  daftar pantai dengan ombak paling berbahaya di dunia. Bagaimana menurut kalian, dari ombak yang paluing mematikan tadi manakah yang paling berbahaya menurut kalian?