Home History Titanic, Kapal Termewah Yang Berakhir Tragis
Titanic, Kapal Termewah Yang Berakhir Tragis

Titanic, Kapal Termewah Yang Berakhir Tragis

0

Pada tahun 1912, terjadi tragedi yang begitu mengguncang dunia, sebanyak 1500 orang lebih diketahui menjadi korban tragedi yang kala itu terjadi di Samudera Atlantik. Apa lagi kalau bukan tenggelammnya kapal Titanic! Sebuah kapal megah yang sangat populer di zamannya harus rela menjadi tumpukan besi didasar laut setelah tak dapat menghindari tabrakan dengan gunung es. Didirikan oleh White Star Line, kapal ini seolah menjadi saksi kunci musibah yang terjadi pada tanggal 14 April tersebut. Jadi, disini gue cuma mau buat kalian kembali pada zaman tersebut untuk melihat kronologi tenggelamnya kapal Titanic.

Awal Mula

1-8-300x223

Awalnya, Titanic dirancang untuk menyaingi dua kapal mewah yang lebih dahulu ada, yakni Lusitania dan Mauretania keluaran Cunard Line. Proses pembangunan yang dimulai sejak 31 Maret 1909 hingga 31 Maret 1912, membuat Titanic sangat begitu dinantikan kemunculannya oleh berbagai lapisan masyarakat. Dengan panjang sekitar 269 meter dengan lebar 28 meter, Titanic mampu menampung sebanyak 3.500 penumpang, termasuk para awak kapal. Dilengkapi pemandian khas Turki, ruangan olahraga, fasilitas kolam renang, sasana squash, perpustakaan dan juga tempat ibadah. Tak heran, Titanic berhasil meraih gelar sebagai kapal termewah yang bahkan digadang-gadang takkan bisa tenggelam kala itu.

Pelayaran Perdana

2-8-300x168

10 April 1912, menjadi hari yang begitu bahagia bgi penumpang Titanis yang ingin bertolak dari Southampton, Inggris, menuju New York, Amerika Serikt. Memulai pelayarannya pada siang hari, ribuan penumpang menjadi saksi megahnya kapal ini. Riuh tawa dari penumpang, seolah menggambarkan kepuasan atas kemegahan yang disuguhkan kapal Titanic. Setelah singgah di Queenstown pada tanggal 11 April untuk mengangkat beberapa penumpang tambahan, Titanic memulai pelayarannya untuk menuju New York.

Kronologi Tenggelam

Empat hari berlayar, saat itu Minggu 14 April 1912, Titanic menjangkau jarak ribuan kilometer membelah Laut Atlantik tanpa hambatan yang berarti. Namun, keadaan berubah ketika Minggu malam pada pukul 23.40 kapal megah tersebut menghantam gunung es yang sebelumnya beberapa kali telah diperingatkan oleh kapal-kapal lainnya dengan kronologi sebagai berikut:

3-5-300x180

  • Pukul 09.00 – Pesan RMS Caronia, berisi “Bergs, growlers and field ice”.
  • Pukul 13.35 – Pesan RMS Baltic yang meneruskan laporan kapal Yunani, berisi “Passing iceberg and large quantities of field ice. Kedua pesan diketahui oleh Kapten Smith dan diberitahukan kepada Bruce Ismay
  • kemudian mengubah arah Titanic ke arah selatan.
  • Pukul 13.42 – Pesan dari SS Amerika, berisi “Passed two iceberg”. Pesan ini tak sampai ke Kapten Smith dan beberapa pesan selanjutnya juga demikian tak diketahui.
  • Pukul 19.30 – Pesan dari SS California, berisi “Three large bergs”.
  • Pukul 21.40 – Pesan dari Mesaba, berisi “Saw much heavy pack ice and great number large iceberg. Also field ice”.
  • Pukul 22.30 – Pesan dari SS California lagi memerintahkan buat berhenti sebab ada gunung es. Tapi Jack
  • Philips (operator titanic) memarahi operator SS California sebab dianggap mengganggu. Karena pada saat itu ia sedang mengantar pesan penumpang ke Cape Race.
  • Pukul 23.40 – Titanic menabrak gunung es.

4-7-300x225

Saat itu juga, gelar Titanic sebagai kapal yang takkan tenggelam terbantahkan. Nyatanya, setelah menabrak gunung es dengan kecepatan 21 knot lambung kapal Titanic robek, hingga menyebabkan banyaknya volume air yang masuk kedalam kapal. Lima dari enam belas pintu kedap air yang saat itu terbuka juga menjadi penyebab cepatnya air mengalir masuk kedalam kapal mewah tersebut. Perlahan namun pasti kapal beserta para penumpang mulai menghadapi ajalnya.

Anehnya, kabar mengenai air yang mulai memasuki kapal dianggap sebagai berita palsu oleh para penumpang yang terkesima dengan gelar Titanic sebagai kapal yang tak mungkin tenggelam. Namun, kegaduhan mulai terjadi ketika kapal terbelah dua dan perlahan tenggelam. Penumpang yang seakan belum siap hanya berhamburan mencari pertolongan sebisanya dengan menuju sekoci penyelamat. Awak kapal yang belum terlatih secara baik, juga menjadi penyebab lambatnya proses evakuasi penumpang. Namun, satu hal yang jadi perhatian adalah perintah untuk mendahulukan anak-anak dan wanita begitu dipatuhi saat itu.

Saat Ini

6-6-300x257

Saat ini, Titanic masih bersemayam dikedalaman 12.000 kaki lautan Atlantik. Begitu banyak upaya yang diajukan untuk mengangkat bangkai kapal ini, namun semuanya tak pernah terwujud dikarenakan letaknya yang terlampau dalam. Yang paling melegenda dari peristiwa Titanic ini yakni film berjudul sama dengan kapal tersebut yang menceritakan kisah tenggelamnya Titanic dengan fokus pada kisah cinta tokoh Jack dan Rose yang diperankan oleh Leonardo DiCaprio dan Kate Winslet. Film tersebut berhasil meraih gelar film terlaris sepanjang masa selama dua belas tahun dan akhirnya dikalahkan oleh film Avatar pada tahun 2010 silam.

Tugu peringatan serta museum juga ramai dibangun untuk memperingati peristiwa Titanic. Beberapa diantaranya seperti Titanic Historical Society merupakan tempat dimana barang-barang peninggalan dari kapal Titanic disimpan untuk kemudian dijadikan properti sejarah. Paling baru ialah Titanic Belfast yang diresmikan 2012 silam, yakni sebuah tempat wisata yang dibangun pada lahan bekas Titanic dibangun pertama kali. Arsitektur dari Titanic Belfast sendiri menyerupai Titanic dengan model lambung raksasa kapal tersebut. Tapi, dari video dibawah dijelaskan bawha Titanic tenggelam bukan karena menghantam es melainkan sudah terjadi kebakaran dilambung kapal. berikut videonya!

Cerita mengenai kapal Titanic tadi tentunya tak akan habis dimakan usia, begitu banyak sejarah serta pengetahuan dari kisah kapal Titanic ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih.