Home History Fakta Mengenai KFC Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui
Fakta Mengenai KFC Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Fakta Mengenai KFC Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

0

Guys, kamu tau KFC kan? Yups, Kentucky Fried Chicken (KFC) identik dengan Colonel Sanders. Ternyata ia bukan kolonel militer dan hidupnya penuh kegagalan. Kentucky Fried Chicken (KFC) didirikan oleh Colonel Sanders sekitar 80an tahun yang lalu di Kentucky, Amerika Serikat. KFC kini sudah menjadi resto waralaba yang berjaringan global. Dibalik kesuksesannya ternyata ada banyak cerita yang dialami oleh pendirinya, Colonel Sanders. Gue akan kasih tahu apa saja tentang Kentucky Fried Chicken (KFC) yang belum kamu ketahui.

1. Colonel Sanders Bukan Seorang Kolonel

tt

Colonel Sanders adalah seorang Colonel, tapi bukan Colonel di angkatan militer melainkan Colonel dalam bucket ayam goreng. Nama asli dari Colonel Sanders adalah Harland Sanders asal Louisville, Kentucky, Amerika Serikat. Julukan Colonel diberikan oleh Commonwealth kota Kentucky sebagai bentuk penghormatan atas kesuksesan bisnis yang didirikannya pada tahun 1930-an.

2. Hidup Penuh Dengan Kegagalan

th

Meski bisnis Sang Colonel terus berkembang hingga saat ini, namun perjalanan menuju kesuksesan seorang Kolonel ini penuh dengan liku-liku. Pada saat Sanders berumur 5 tahun ayahnya meninggal setelah pulang dari bekerja dalam keadaan demam tinggi. Sang ibu menikah kembali dengan seorang pria kasar, Sanders terpaksa harus pindah sekolah saat kelas 7 untuk menjauhi ayah tirinya.

Sanders yang mulai tumbuh dewasa mulai mencari berbagai pekerjaan, seperti menjadi seorang buruh, pemadam kebakaran hingga salesman asuransi. Singkat cerita, akhirnya Sanders menikah, namun selang tak berapa lama istrinya meninggal setelah ketahuan melakukan kecurangan dan dipecat dari tempat Sanders bekerja. Sanders adalah seorang Sarjana Hukum yang bekerja disebuah institusi. Namun Sanders dipecat lagi dari tempatnya bekerja karena ada konflik dengan kliennya. Akhirnya pada tahun 1930, Sanders mencoba mendirikan bisnisnya sendiri yaitu mendirikan sebuah restoran ayam goreng.

3. Restoran Ada Di Pengisian Bahan Bakar

restoran

Sebelum akhirnya Sanders mencoba mendirikan bisnisnya sendiri, Sanders pernah bekerja sebagai salesman perusahaan Michellin Tire di Kentucky. Namun tahun 1924 Michellin Tire menutup perusahaannya dan akhirnya Sanders kehilangan pekerjaanya lagi. Namun manajer umum Standars Oil Kentucky memberikan penawaran kepada Sanders untuk menjalankan stasiun pengisian bahan bakar di Nicolasville.

Tahun 1930 stasiun pengisian bahan bakar tersebut ditutup karena bangkrut, Sanders dipindahkan ke stasiun pengisian bahan bakar di North Corbin. Disini Sanders memulai bisnisnya menjual ayam goreng dan steak. Sewa tempat gratis namun sebagai imbalannya, beberapa persen keuntungan yang didapat dari bisnisnya dibagikan ke pihak pemilik tempat.

4. Harga Bisnisnya 2 Miliar USD

kfct

Pada tahun 1952 Sanders bertemu dengan Pete Harman di Utah dan akhirnya bersama-sama mendirikan bisnis Kentcky Fried Chicken, yang merupakan restoran pertama di dunia yang menggunakan nama tersebut. Tahun 1964 bisnis tersebut sukses besar, namun Sanders tidak mampu menjalankan bisnisnya akhirnya bisnis tersebut dijual kepada grup investor seharga 2 juta USD dan 40.000 USD untuk gaji pekerja tiap bulannya.

5. Menghina Restorannya Sendiri

sendiri

Setelah seluruh bisnisnya dijual, Sanders melakukan perjalanan ke seluruh negara dan mengunjungi restoran yang berbeda-beda. Sanders akan mengatakan apa yang dia rasakan jika makanan yang dia makan tidak sesuai dengan seleranya. Pernah suatu ketika Sanders mancoba makanan di gerai toko bisnisnya dulu dan mengatakan bahwa ayam goreng yang disajikan disana rasanya tidak enak dan merupakan ayam goreng terburuk yang pernah ia coba. Saus yang disandingkan dengan ayam goreng juga tidak enak, mirip dengan lumpur.

6. Membuat Bisnis Restoran Baru

baru

Sanders merasa tidak menyukai lagi menu makanan KFC setelah lepas dari tangannya. Akhirnya Sander membuka restoran baru sebagai pesaing KFC dengan nama The Colonel Lady. Merasa bisnis baru Sanders tersebut sebagai tiruan KFC, akhirnya pihak pemilik KFC menggugat Sanders dan memenangkan kasus tersebut, Sanders membayar denda sebesar 1 juta USD kepada pihak KFC. Meski sudah kalah dalam kasus persidangan tersebut, restoran milik Sanders ini tidak ditutup tapi dijual. Sekarang diberi nama Claudia Sanders Dinner House di Shelbyville.

7. Meninggal Pada Umur 90 Tahun

90

Colonel Sanders lahir pada 9 september 1890 di Henryville, Indiana, Amerika Serikat. Pada Juni tahun 1980 Sanders didiagnosa mengidap penyakit leukemia akut dan komplikasi radang paru-paru. Sanders kemudian meninggal pada 16 desember 1980 di Jewish Hospital Louisville dalam usia 90 tahun. Sampai kematiannya, Kolonel Sanders masih membuat penampilan klasiknya dengan mengenakan jas putih dan janggut putih.

Pasti kamu baru tau kan semua fakta-faktanya? Keepo gitu, loh. Beritahukan fakta-fakta ini kepada temen kamu yah guys, dengan cara ngeshare artikel ini. Jangan egois dalam ilmu pengetahuan, ya.