Home Business Kian Meredup, Kini Ponsel Nokia Siap Hancurkan Iphone
Kian Meredup, Kini Ponsel Nokia Siap Hancurkan Iphone

Kian Meredup, Kini Ponsel Nokia Siap Hancurkan Iphone

0

Hei guys,, ketika kamu mendengar kata ponsel Nokia, kira-kira apa sih yang terlintas dipikiran kamu? Ya, mungkin hanyalah Hp jadul yang tahan banget ketika dibanting terus game yang terkenal dengan ular-ularan nya, iyakan? Tapi apakah kamu tahu bahwa pada tahun 1990an hingga awal tahun 2000an, Nokia dengan ponsel-ponselnya pernah menjadi perusahan pembuat telepon seluler di dunia.

Namun dominasi Nokia akhirnya kian semakin meredup dan tidak bisa menahan gempuran iPhone atau smartphone Android. Hingga akhirnya pun ponsel Nokia hanya menyisakan kenangan. Tapi tunggu dulu guys, karena sepertinya cerita tersebut belum berakhir. Kini Nokia bersiap bangkit kembali dan sangat amat optimis untuk dapat mengalahkan Iphone.

Sejarah Ponsel Nokia

fredrik_idestamSebelum menjadi sebuah perusahaan yang begitu terkenal, sejarah Nokia diawali sekitar tahun 1865 oleh Insinyur pertambangan yang bernama Fredrik Idestam, ia mendirikan pabrik pulp kayu pertama di Rapids Tammerkoski barat daya Finlandia.

Beberapa tahun kemudian Fredrik membuka pabrik kedua di tepi sungai Nokianvirta, nama sungai ini mengilhaminya untuk menamai perusahaan keduanya tersebut sebagai Nokia pada tahun 1871. Nama sungai Nokianvirta diambil dari nama sebuah hewan berbulu gelap, dan di lingkungan lokal.

Perusahaan ini didirikan pada tahun 1865 oleh FrederickIdestam. Perusahaan mulai dibuka di Tammerkoski, Finlandia. Frederick Idestam kemudian membangun pabrik lain oleh Nokianvirta Sungai, dimana ia memberikan nama Nokia ke pabrik pada tahun 1871. Awalnya Sungai Nokianvirta bernama setelah hewan berbulu gelap, secara lokal dikenal sebagai Nokia dari jenis martensit.

Penetapan Nokia yang berjalan di bidang elektronik dilakukan setelah adanya penyatuan kekuatan dengan perusahaan kabel yang didirikan oleh Eduard Polon dan Arvid Wickstrom sebagai pendiri perusahaan karet.

Perangkat elektronik pertama yang pada saat itu tercipta dari Nokia adalah Pulse Analyzer yang dirancang untuk digunakan oleh pembangkit tenaga nuklir sekitar tahun 1962. Setelah mengembangkan perusahaannya di bidang elektronik, Nokia juga mulai melirik minat mereka dalam sistem telekomunikasi pada tahun 1963 yang diawali dengan dikembangkannya telepon radio untuk tentara dan layanan darurat yang sebelumnya membuat televisi, telepon radio, peralatan transfer data, radio link dan analisa serta pertukaran telepon digital. Nokia akan mengubah produksinya dan fokus pada keahlian di bidang telekomunikasi jika produk tersebut akan memiliki masa depan.

Nokia Terlepas dari Microsoft

nokia-dan-microsoft
Ketika diakuisisi oleh Microsoft, Nokia memang dilarang mengeluarkan produk-produk baru dengan merek Nokia, setidaknya hingga akhir Desember 2015 setelah kontrak habis. Sekarang Nokia sudah sepenuhnya terlepas dari Microsoft sehingga sudah seharusnya Nokia bisa bebas memakai namanya kembali.

Nokia telah mengumumkan bahwa mereka akan kembali ke pasar ponsel. Nokia kembali dengan lini baru berbasis Android bukan Windows Mobile. Nah, sosok yang bertugas membangkitkan merek ponsel legendaris itu pun telah ditetapkan, yakni Pekka Rantala sebagai Chief Marketing Officer. Ia adalah mantan CEO Rovio, yakni perusahaan yang berperan di balik kesuksesan game fenomenal Angry Birds. Dulunya dia juga pernah menjadi salah satu eksekutif selama 17 tahun di masa kejayaan Nokia.

Smartphone Perdana Nokia P1 Siap Meluncur

nokia-prototype

Nah guys, bocoran sebenarnya nanti akan ada 4 Smartphone Android Nokia yang hampir dipastikan resmi dirilis. Dua smartphone di antaranya merupakan smartphone flagship yang bakal diluncurkan menjelang akhir tahun ini. Sisanya dipersiapkan untuk meluncur pada awal tahun depan. Smartphone Android perdana Nokia ini kabarnya akan disebut dengan nama Nokia P1, yang ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 820.

Selain itu Nokia P1 akan langsung menjalankan versi Android terbaru, Nougat. Layarnya sudah menggunakan panel IGZO ukuran 5,3 inci dengan tingkat resolusi Full HD, RAM 3GB, penyimpanan internal 32GB, kamera utama 22.6 megapiksel dengan aperture f/1.9, sertifikasi IP58 tahan air dan debu, baterai 3.000 mAh lengkap dengan dukungan pengisian cepat serta tersedia dalam dimensi besar dan kecil seperti tren zaman sekarang.

Saat Ini Ponsel Nokia Tidak Lagi Sendirian

nokia-comeback
Dalam memuluskan langkah Nokia untuk sekali lagi menguasai pasar smartphone dunia, Nokia tidak sendirian. Nokia bekerja sama dengan HMD Global Oy, perusahaan yang mendapat lisensi untuk membuat dan mendistribusikan produk dengan merek Nokia. Di samping itu Nokia juga bakal fokus berkiprah di industri infrastruktur telekomunikasi dan teknologi masa depan.

HMD Global Oy merupakan perusahaan baru berbasis di Finlandia yang nantinya tidak hanya membuat smartphone Android Nokia saja tetapi juga feature phone khas Nokia dan juga tablet Android. HMD tidak sendirian, ada Foxconn Technology yang akan turut andil melalui anak perusahaannya, FIH Mobile.

Ponsel Nokia memang tinggal menunggu waktu aja untuk dapat bangkit dan pastinya pencinta gadget di seluruh dunia sangat penasaran seperti apa smartphone Android terbaru Nokia. Akankah rumor menjadi kenyataan dan Nokia sekali lagi menjadi penguasa di jagat ponsel dunia menghancurkan dan berhasil menghancurkan Iphone di tahun ini? Hanya waktu yang bisa menjawab, kita tunggu saja!